HANGGARA, GURUH SUKMA and SETYAPUTRI, NORA YUNIAR and ARIYANTO, RESTU DWI (2019) Aplikasi Analisis Kebutuhan berbasis Media Komunikasi Teks untuk Efisiensi Asesmen Siswa di Era Revolusi 4.0. In: Seminar Nasional dan Call Paper Psikologi Pendidikan 2019 “Menjadi Siswa yang Efektif di Era Revolusi 4.0”, 13 APRIL 2019, UM MALANG.
Text
C.2.a.4. ARTIKEL_APLIKASI ANALISIS KEBUTUHAN BERBASIS MEDIA KOMUNIKASI TEKS UNT EFIISIENSI ASESMEN SISWA DI ERA REV INDUSTRI 4.0.pdf Download (2MB) |
|
Text
C.2.a.4. CEK PLAGIASI_APLIKASI ANALISIS KEBUTUHAN BERBASIS MEDIA KOMUNIKASI TEKS UNT EFIISIENSI ASESMEN SISWA DI ERA REV INDUSTRI 4.0.pdf Download (1MB) |
|
Text
C.2.a.4. PEER REVIEW_APLIKASI ANALISIS KEBUTUHAN BERBASIS MEDIA KOMUNIKASI TEKS UNT EFIISIENSI ASESMEN SISWA DI ERA REV INDUSTRI 4.0.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan zaman mengarahkan peradaban pada revolusi industri 4.0 yang menuntut efisiensi dan akselerasi dalam segala bidang. Bimbingan dan Konseling (BK) sebagai salah satu komponen integral dalam pendidikan haruslah terus berinovasi dan menyesuaikan dengan perkembangan siswa. Untuk mengakumulasi perkembangan dan kebutuhan siswa dilakukanlah asesmen yang kemudian dijadikan dasar dalam mengelola program BK disekolah. Pelaksanaan asesmen dan analisis kebutuhan siswa yang lama dan melelahkan haruslah dicari solusinya. Salah satu solusi tersebut adalah dengan menggunakan aplikasi analisis kebutuhan yang yang mampu menganalisis dengan cepat (otomatis) dan tepat, serta dengan memberdayakan media komunikasi teks yang biasa digunakan siswa sehingga lebih efisien. Aplikasi analisis kebutuhan siswa yang telah dikembangkan telah teruji keberterimaanya oleh ahli dan calon pemakai, akan tetapi masih membutuhkan pembuktian terkait keefektifanya. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan aplikasi analisis kebutuhan siswa berbasis mendia komunikasi teks dalam meningkatkan efisiensi pelaksanaan asesmen pada siswa SMK. Metode penelitian yang dipandang cocok untuk mencapai tujuan penelitian ini digunakan metode penelitian eksperimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest. Teknik analisis yang digunakan adalah uji beda dengan formula Wilcoxon Signed-Rank Test dengan bantuan program SPSS IBM Statistic 20.0. Dengan rancangan analisis data tersebut maka diharapkan dapat diketahui dan dipaparkan tingkat keefektifan dari aplikasi yang dikembangkan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aplikasi analisis kebutuhan, media komunikasi teks, efisiensi, asesmen siswa |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nora Yuniar Setya Putri |
Date Deposited: | 08 May 2021 07:19 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 05:09 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3575 |
Actions (login required)
View Item |