Peningkatan Disiplin Diri Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Panduan Teknik Self Instruction

NAWANTARA, ROSALIA DEWI and AROFAH, LAELATUL and SETYAPUTRI, NORA YUNIAR (2019) Peningkatan Disiplin Diri Siswa Sekolah Menengah Atas melalui Panduan Teknik Self Instruction. In: Seminar Nasional dan Call Paper Psikologi Sosial 2019 “Psikologi Sosial di Era Revolusi 4.0: Peluang dan Tantangan”, 04 MEI 2019, UM MALANG.

[img] Text
C.2.a.4. ARTIKEL_PENINGKATAN DISIPLIN DIRI SISWA SMA MELALUI PANDUAN TEKNIK SELF INSTRUCTION.pdf

Download (2MB)
[img] Text
C.2.a.4. CEK PLAGIASI_PENINGKATAN DISIPLIN DIRI SISWA SMA MELALUI PANDUAN TEKNIK SELF INSTRUCTION.pdf

Download (1MB)
[img] Text
C.2.a.4. PEER REVIEW_PENINGKATAN DISIPLIN DIRI SISWA SMA MELALUI PANDUAN TEKNIK SELF INSTRUCTION.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/R...

Abstract

Disiplin diri merupakan atribut penting yang harus dimiliki oleh siswa. Kenyataan di sekolah masih adanya siswa yang memiliki disiplin diri rendah. Disiplin diri rendah ditandai dengan perilaku melanggar tata tertib sekolah sampai datang terlambat ke sekolah, tidak memakai atribut sekolah yang lengkap, dan lain sebagainya. Fenomena tersebut hendaknya menjadi perhatian khusus karena disiplin diri apabila dibiarkan akan berpengaruh pada bidang akademik siswa. Salah satu teknik dalam layanan konseling yang dapat digunakan untuk meningkatkan disiplin diri adalah teknik self instruction. Teknik self instruction memfokuskan pada kata diri positif yang dapat mengontrol perilaku. Teknik self instruction dalam penelitian ini diterapkan melalui media panduan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan disiplin diri siswa Sekolah Menengah Atas melalui panduan teknik self instruction. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Srengat. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah skala disiplin diri. Hasil data dari instrumen tersebut dianalisis menggunakan uji beda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat untuk kemudian menentukan menggunakan uji statistik parametrik atau non parametrik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: panduan teknik self instruction, disiplin diri
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Nora Yuniar Setya Putri
Date Deposited: 08 May 2021 07:19
Last Modified: 26 Jun 2021 05:06
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3574

Actions (login required)

View Item View Item