Setting Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum Merdeka Belajar

Gumilang, Galang Surya (2022) Setting Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum Merdeka Belajar. In: PROSIDING Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Nusa Cendana (SEMBIONA) 2022. Universitas Nusa Cendana, Kota Kupang, pp. 1-7. ISBN 978-623-419-335-0

[img] Text (Sampul, Redaksi, Daftar Isi, dan Artikel)
Setting Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum Merdeka Belajar.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Uji plagiasi)
Setting Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Kurikulum Merdeka Belajar (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Konsep kurikulum merdeka belajar merupakan peralihan dari kurikulum 2013 (edisi revisi). Transformasi kebijakan merdeka belajar berorientasi pada minat, bakat, dan kemampuan siswa dalam proses belajarnya. Dalam jenjang pendidikan formal (dasar & menengah), bimbingan dan konseling (BK) diharapkan mampu mengakomodasi siswa dalam memahami dan menerima diri sendiri sebagai pribadi yang utuh sesuai lingkungannya, mengembangkan potensi/kemampuan, merancang masa depan serta menyelesaikan permasalahan untuk mencapai kemandirian dan kemaslahatan siswa. Dalam setting layanan BK di era kurikulum merdeka tetap berpegang teguh pada 2 acuan yaitu (1) 4 aspek layanan BK (aspek pribadi, aspek sosial, aspek belajar & aspek karier), (2) 4 komponen layanan BK (layanan dasar, layanan peminatan dan perencanaan individual, layanan responsif & layanan dukungan sistem) untuk mewujudkan siswa menjadi pembelajar (learner) sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.

Item Type: Book Section
Subjects: 340 Health sciences > 390 Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Galang Surya Gumilang
Date Deposited: 30 Mar 2023 09:00
Last Modified: 30 Mar 2023 09:14
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3528

Actions (login required)

View Item View Item