HAKIMAH, EMA NURZAINUL and MUSLIH, BASTHOUMI (2016) Penerapan Strategi 7T Bisnis Ritel dalam E-commerce (on-line shop) oleh Swalayan Golden sebagai Media Pemasaran. EKONIKA: Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1 (2). pp. 91-102. ISSN 2582 - 2157
Text
61201_0727127801_Artikel_Jurnal Nasional_EKONIKA_Penerapan Strategi 7T.pdf Download (759kB) |
|
Text
61201_0727127801_Lembar Peer Review_Artikel_Jurnal Nasional_EKONIKA_Penerapan 7T Bisnis Ritel dalam E Commerce pada Swalayan Golden.pdf Download (872kB) |
|
Text
61201_0727127801_Similarity_Artikel_Jurnal Nasional_EKONIKA_Peranan_Strategi_7T_Bisnis_Ritel_dalam_E_Commerce__compressed_compressed.pdf Download (836kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian lanjutan oleh Ema Nurzainul Hakimah (2015) dengan judul Menciptakan Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Berbasis Manajemen Pemasaran Retail Studi pada Pedagang Retail Anggota UMKM Kota Kediri. Pembedanya yaitu penerapan strategi merchandising bisnis ritel dalam e-commerce (on-line shop/olshop) oleh swalayan Golden sebagai media pemasaran dan mendeskripsikan respon konsumen atas layanan olshop swalayan pertama yang mampu bersaing dengan peritel modern besar di Kota Kediri yaitu Golden. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana menjelaskan gambaran masing-masing variable penelitian strategi 7T dalam olshop terhadap respon konsumen. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner sebagai data primer dan diolah menggunakan SPSS 23 untuk mengetahui respon konsumen dalam strategi 7T serta metode CRI (Customer Response Index) untuk mengetahui sejauh mana respon konsumen atas layanan olshop swalayan Golden Kediri. Hasil data kuesioner terhadap strategi merchandising dan layanan olshop Golden Swalayan, dapat ditarik kesimpulan bahwa kinerja dari strategi 7T merchandising yang diberikan oleh Golden Swalayan Kota Kediri dengan adanya olshop telah melebihi nilai rata-rata harapan konsumen. Hasil CRI di tiap tahap respon dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa semua nilai tahap respon berada hampir mencapai 100%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa layanan olshop Golden Swalayan memberikan respon yang positif yaitu mendapatkan kesadaran konsumennya sehingga tertarik melakukan pembelian. Kata kunci: merchandising, strategi 7T bisnis ritel, on-line shop semangat kerja karyawan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 550 Economics > 574 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Manajemen |
Depositing User: | Ema Nurzainul Hakimah |
Date Deposited: | 07 Jun 2021 01:54 |
Last Modified: | 07 Jun 2021 01:54 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3487 |
Actions (login required)
View Item |