PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEWIRAUSAHAAN BERBASIS EKONOMI KREATIF

ENY, ROSIDHAH and FORYJATI, Rr and ANAS, M (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEWIRAUSAHAAN BERBASIS EKONOMI KREATIF. Masters thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text
RAMA_87103_18.0.06.02.0004.pdf

Download (3MB)
[img] Text
RAMA_87103_18.0.06.02.0004_0028016701_0028106601_01_front_ref.pdf

Download (421kB)
[img] Text
RAMA_87103_18.0.06.02.0004_0028016701_0028106601_02.pdf

Download (350kB)
[img] Text
RAMA_87103_18.0.06.02.0004_0028016701_0028106601_03.pdf

Download (296kB)
[img] Text
RAMA_87103_18.0.06.02.0004_0028016701_0028106601_04.pdf

Download (587kB)
[img] Text
RAMA_87103_18.0.06.02.0004_0028016701_0028106601_05.pdf

Download (14kB)
[img] Text
RAMA_87103_18.0.06.02.0004_0028016701_0028106601_06_ref.pdf

Download (91kB)
[img] Text
RAMA_87103_18.0.06.02.0004_0028016701_0028106601_07_lamp.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar digunakan sebagai cara untuk mengidentifikasi, mengembangkan dan mengevaluasi isi dan strategis pembelajaran. Selain itu desain pembelajaran juga berpengaruh penting dalam ketercapian tujuan dalam penelitian ini. Selain itu, pengembangan bahan ajar mempertimbangkan sifat materi ajar, jumlah peserta didik dan ketersediaan materi. Ekonomi kreatif merupakan bagian yang integratif dan pengetahuan yang bersifat inovatif baik pemanfatan teknologi secara kreatif dan budaya. Serta juga mengedepankan ide dan stock of knowledge dari SDM sebagai faktor produksi dari dalam kegiatan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan bahan ajar kewirausahaan berbasis ekonomi kreatif di kelas X SMK yang dimana bisa digunakan guru di bidang mata pelajaran kewirausahaan sebagai acuan dan patokan dalam proses pembelajaran kepada siswa yang nantinya bisa memacu wirausaha siswa berdasarkan perkembangan ekonomi. Penelitian ini dirancang dengan model R & D. Model yang dimaksud dengan pendekatan Research and Development yaitu penelitian yang mengembangkan bahan ajar kewirausahaan berbasis ekonomi kreatif bagi siswa kelas X. Subyek yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu kelas X Pemasaran 1 atau kelas kontrol dan kelas X Pemasaran 2 atau kelas eksperimen pada tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan uji coba dengan menggunakan program SPSS 16 for windows, menunjukan hasil rerata pre test dan post test untuk kelas eksperimen dengan nilai sebesar 46,75 dan 67,10. Sedangkan untuk rerata kelas kontrol yaitu sebesar 39,76 dan 55,62 sehingga diperoleh rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen sebesar 20,35 dan N-gain score untuk kelas kontrol sebesar 15,86. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata tertinggi bila dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Karena, hal tersebut dipicu dari kegiatan pembelajaran, dimana kegiatan pembelajaran kelas eksperimen pada akhir kegiatan bisa menciptakan produk-roduk baru sebagai implementasi dari evaluasi pada penyusunan rencana usaha siswa dalam menjalankan usaha yang dibentuk dalam kreatifitas dan ide kreatif siswa. sedangkan untuk kegiatan pembelajaran akhir kelas kontrol, siswa diberi tanya jawab dan ujian tertulis. Untuk itu belajar dengan bahan ajar kewirausahaan berbasis ekonomi kreatif sangat penting dan sangat tepat digunakan dalam pemebelajaran. Mengingat buku tersebut didukung dengan perencanaan yang dibuat oleh siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Kewirausahaan, Ekonomi Kreatif
Subjects: 550 Economics > 561 Economic development
Divisions: Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Eny Rosidhah
Date Deposited: 31 Mar 2021 03:47
Last Modified: 31 Mar 2021 03:47
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/3185

Actions (login required)

View Item View Item