PRATAMA, BUDIMAN AGUNG (2020) Model Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Permainan Bolavoli. Model Pembelajaran Kooperatif STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Servis Atas Permainan Bolavoli, 1 (2). pp. 127-132. ISSN 2722-3450
Text (Text)
KODE_0706078801.pdf Download (638kB) |
|
Text (Peer Review)
KODE_0706078801_PEER REVIEW.pdf Download (601kB) |
|
Text (Similarity)
KODE_0706078801_SIMILARITY.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis atas permainan bolavoli melalui model pembelajaran STAD. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis & McTaggart dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: Perencanaan (plan), Pelaksanaan tindakan (action), Pengamatan (observe), Perbaikan atau refleksi (reflect). Subjek dalam penelitian ini siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Kediri dengan jumlah 24 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi servis atas bolavoli. Data hasil unjuk kerja servis atas bolavoli siklus I dan test siklus II, hasil ditentukan berdasarkan ketuntasan individu, ketuntasan klasikal. rerata kemampuan siswa. Peningkatan prosentase ketuntasan belajar siklus pertama ke siklus kedua yaitu sebesar 46,925%. Hasil penelitian ini dapat disimpulan bahwa penerapan model belajar kooperatif Student Team Archievement Division (STAD) efektif untuk meningkatkan hasil belajar servis atas bolavoli pada siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Kediri.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 760 Sports and health education education 710 Education science > 763 Sports and health education 710 Education science > 765 Sports science |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2-Keguruan Olahraga |
Depositing User: | Budiman Agung Pratama |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 06:28 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 06:28 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2931 |
Actions (login required)
View Item |