PUTRI, KHARISMA EKA and DAMAYANTI, SUSI (2019) Pemanfaatan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran untuk Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 2 di Era Disruption. SEMDIKJAR III. ISSN 2598-6139
Text (SIMILARITY)
86206_0719109101_SIMILARITY.pdf - Published Version Download (3MB) |
|
Text (PEERREVIEW)
86206_0719109101_PEERREVIEW.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (PemanfaatanE-Learning Berbasis Moodle sebagai Media Pembelajaran untuk Mta Kuliah KonsepDasar IPA 2di Era Disruption)
86206_0719109101.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Dunia pada saat ini sedang menghadapi era disruption, yang artinya terjadinya perubahan pola tatanan lama, menjadi tatanan baru. Prubahan ini terjadi di semua bidang, salah satunya adalah bidang pendidikan. Di dalam bidang pendidikan, sistem pembelajaran selain harus bersifat konservatif juga harus bersifat kreatif, kreatif dalam hal ini adalah mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi misalnya dalam pembelajaran menggunakan sistem E-learning. Karena dengan E-learning kegiatan pembelajaran bisa dilakukan dimanapun dan kapan pun tanpa di batasi oleh ruang dan waktu. Terutama pada matakuliah konsep dasar IPA 2, karena pada mata kuliah ini perlu dilaksanakan dengan waktu yang lama untuk melakukan diskusi mengenai penanaman konsep dasar IPA agar mahasiswa PGSD sebagai calon guru Sekolah Dasar (SD) tidak terjadi miskonsepsi. E-Learning yang digunakan menggunakan sistem Moodle, moodle adalah modular object-oriented dynamic learning environment, sistem yang berguna untuk kegiatan pembelajaran dengan menggunakan jaringan internet melalui web dan keberadaanya sangat memudahkan pengajar ataupun pembelajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan sampel yaitu jumlah populasi sama dengan jumlah sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview serta dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah interaksi antara dosen dengan mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran menggunakan E-learning, E-learning juga memberikan fasilitas forum diskusi online dengan sesama pengguna, dan terdapat pula fasilitas kuis online, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi efektif untuk dilaksanakan. Semua kegiatan bisa di lakukan secara online dan bisa diakses dimanapun dan kapanpun tanpa terbatas oleh ruang dan waktu.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Kharisma Eka Putri |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 06:44 |
Last Modified: | 05 Apr 2021 06:11 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2909 |
Actions (login required)
View Item |