PUTRI, KHARISMA EKA and DAMAYANTI, SUSI (2019) PENGEMBANGAN ELEARNING MENGGUNAKAN PORTAL PEMBELAJARAN MAHASISWA PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA 2 DI ERA DISRUPTION. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (1). ISSN 2579-6461
Text (SIMILARITY TURNITIN)
86206_0719109101_SIMILARITY.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
|
Text (PEERREVIEW)
86206_0719109101_PEERREVIEW.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (emanfaatan E-Learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran untuk Mata Kuliah Konsep Dasar IPA 2 di Era Disruption)
86206_0719109101.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Dalam dunia pendidikan saat ini juga harus dirubah sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi misalnya dalam bentuk pembelajaran Elearning. Karena dengan E-learning penyampaian muatan informasi tidak hanya menjadi tujuan pendidikan, akan tetapi dengan media E-learning kegiatan pembelajaran dapat dilakukan dimanapun kapan pun tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Namun kenyataan di lapangan, pada mata kuliah konsep dasar IPA 2 mahasiswa melakukan kegiatan belajar hanya di dalam ruang kelas dengan waktu yang cukup lama dan dengan aktivitas yang sama. Sehingga mahasiswa cenderung bosan. Berdasarkan paparan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-learning yang valid, praktis dan efektif menggunakan portal pembelajaran mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar IPA 2 di era disruption. Model penelitian pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah modifikasi model Borg & Gall dan Lee & Owen dengan tahapan penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. Berdasarkan hasil uji coba produk, media E-learning menggunakan portal pembelajaran mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar IPA 2 di era disruption menurut ahli materi memperoleh skor prosentase validitas sebesar 88%, ahli media 89%, dan ahli bahasa 86% dengan kategori valid. Berdasarkan respon kepraktisan mahasiswa, produk ini memperoleh skor 80% berdasarkan respon kepraktisan pengguna mempeoleh skor 90% dengan kategori praktis. Sedangkan untuk keefektifan produk ini mencapai 80% dengan kategori efektif. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa media E-learning valid, praktis, dan efektif. Sehingga media E-learning menggunakan portal pembelajaran mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar IPA 2 di era disruption layak untuk digunakan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Kharisma Eka Putri |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 06:15 |
Last Modified: | 22 Apr 2021 05:06 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2908 |
Actions (login required)
View Item |