PUTRI, KHARISMA EKA META ANALISIS: PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6 (1). pp. 127-135. ISSN 2579-6461
Text (META ANALISIS: PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA)
86206_0719109101.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (SIMILARITY TURNITIN)
86206_0719109101_SIMILARITY.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (PEERREVIEW)
86206_0719109101_PEERREVIEW.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada subjek kelas, tema, dan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian meta-analisis dengan 10 artikel sebagai sampel dari jurnal nasional dan instrumennya adalah lembar dengan pengkodean (coding category). Penelitian meta-analisis menunjukkan bahwa pada subjek kelas, pendekatan saintifik berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa pada subjek kelas rendah. Pada subjek tema pembelajaran, pendekatan saintifik berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran non tema. Sedangkan dari subjek media pembelajaran yang digunakan, pendekatan saintifik berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa pada media papan berpaku.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Kharisma Eka Putri |
Date Deposited: | 20 Jan 2021 06:01 |
Last Modified: | 20 Jan 2021 06:01 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2907 |
Actions (login required)
View Item |