Pengaruh penggunaan model read question answer terhadap keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi pada mata kuliah mikologi

Zunaidah, Farida Nurlaila and Sulistiyowati, Tutut (2020) Pengaruh penggunaan model read question answer terhadap keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi pada mata kuliah mikologi. Jurnal Edubiotik, 5 (2). pp. 114-122. ISSN 2528-679X (print) and ISSN 2597-9833 (online)

[img] Text (Pengaruh penggunaan model read question answer terhadap keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi pada mata kuliah mikologi)
86206_0730090003_ARTIKEL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (526kB)
[img] Text (SIMILARITY_TURNITIN)
86206_0730090003_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (4MB)
[img] Text (PEER REVIEW)
86206_0730090003_PEER REVIEW.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (820kB)
Official URL: http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/edu...

Abstract

Rendahnya keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi pada matakuliah mikologi yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan model pembelajaran inovatif. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Read Question Answer (RQA) terhadap keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi pada mata kuliah mikologi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen melalui desain penelitian one group pretest-posttest. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket keaktifan mahasiswa. Data penelitian adalah nilai rata-rata keaktifan mahasiswa. Teknik analisis data penelitian menggunakan dependent paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model RQA terhadap keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi pada mata kuliah mikologi. Hal tersebut terbukti dari nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (7,15 > 2,23). Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model RQA berpengaruh terhadap keaktifan mahasiswa dalam berdiskusi pada mata kuliah mikologi.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 790 Education science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Farida Nurlaila Zunaidah
Date Deposited: 19 Jan 2021 05:01
Last Modified: 19 Jan 2021 05:01
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2881

Actions (login required)

View Item View Item