Primasatya, Nurita and Mukmin, Bagus Amirul (2020) Validitas multimedia interaktif K13 pada materi pecahan sebagai inovasi pembelajaran tematik bagi siswa Kelas IV. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 6 (1). pp. 84-93. ISSN 2580-9210
Text (Validitas multimedia interaktif K13 pada materi pecahan sebagai inovasi pembelajaran tematik bagi siswa Kelas IV)
'086206._0710059001.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (971kB) |
|
Text (SIMILARITY TURNITIN)
'086206._0710059001_SIMILARITY.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
|
Text (PEER REVIEW BAGUS AMIRUL MUKMIN)
'086206_0710059001_PEER REVIEW.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (567kB) |
|
Text (PEER REVIEW NURITA PRIMASATYA)
'086206_0722039001_PEER REVIEW.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Matematika merupakan pelajaran yang ditakuti mayoritas siswa khususnya siswa sekolah dasar. Hal ini dikarenakan materi matematika yang bersifat abstrak juga disajikan secara abstrak. Matematika untuk siswa sekolah dasar harus disajikan secara konkrit sehingga dapat dipahami oleh siswa. Salah satu materi yang sering disajikan secara abstrak adalah operasi pecahan. Materi tersebut sering kali disajikan secara abstrak dengan rumus-rumus sehingga siswa kurang memahami makna dari materi tersebut. Dampakya, banyak siswa yang kesulitan dalam melakukan operasi hitung pecahan, khususnya operasi hitung pecahan yang berpenyebut tak sama. Selain itu, dalam mengikuti perkembangan zaman di era revolusi industry 4.0, guru perlu mengemas pembelajaran berbasis teknologi. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan multimedia interaktif yang dirancang dengan software Macromedia Flash 8 dengan memuat animasi dari materi operasi pecahan yang disajikan secara menarik. Dalam proses mengembangkan produk multimedia, salah satu tahap yang dilalui adalah proses validasi. Validasi yang dilakukan kepada tiga orang ahli, yakni ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa menunjukkan bahwa multimedia interaktif masuk dalam kategori valid dan dapat digunakan untuk siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Bagus Amirul Mukmin |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 23:11 |
Last Modified: | 25 Jan 2021 23:11 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2877 |
Actions (login required)
View Item |