Mukmin, Bagus Amirul and Primasatya, Nurita (2020) Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5 (2). pp. 211-226. ISSN 2579-6461
Text (Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar)
'086206._0710059001.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (1MB) |
|
Text (SIMILARITY TURNITIN)
'086206._0710059001_SIMILARITY.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (3MB) |
|
Text (Peer Review Bagus Amirul Mukmin)
'086206_0710059001_PEER REVIEW.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (589kB) |
|
Text (Peer Review Nurita Primasatya)
'086206_0722039001_PEER REVIEW.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pada jenjang Sekolah Dasar (SD) saat ini telah menggunakan Kurikulum 2013 (K-13) yang menekankan pada pembelajaran tematik dengan mempelajari berbagai bidang ilmu secara bersamaan dalam satu rangkaian tema. Tetapi permasalahnya adalah belum ada materi pembelajaran yang dikemas dalam bentuk multimedia interaktif yang mampu mengaitkan pembelajaran tematik K-13 di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis K-13 sebagai inovasi pembelajaran tematik di sekolah dasar yang valid. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Dikatakan mengadaptasi karena proses penelitian ini berhenti pada tahapan development yaitu dilihat dari segi validitas produk. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan angket sedangkan analisis data dalam penelitian ini yaitu diskriptif kualitatif dan kuantitatif. Validitas produk berdasarkan ahli desain grafis mendapatakan skor 87 dengan kriteria valid. Sedangkan menurut ahli materi IPA produk ini mendapatkan skor 86 dengan kriteria valid. untuk ahli MTK mendapatkan skor 86, ahli materi bahasa Indonesia mendapatkan skor 90, dan pada materi PKN mendapatkan skor 89 dengan keterangan valid. Pada penilaian ahli materi PJOK mendapatkan skor 93 dengan kategori sangat valid. Dari segi kebahasaan multimedia ini mendapatkan penilaian sangat valid dan sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif anak dengan nilai kevalidan 92. Dengan demikian kesimpulan dari penelitian ini yaitu produk multimedia interaktif berbasis K-13 ini dikatakan valid dan layak digunak
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Bagus Amirul Mukmin |
Date Deposited: | 25 Jan 2021 23:11 |
Last Modified: | 25 Jan 2021 23:11 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2876 |
Actions (login required)
View Item |