Saidah, Karimatus (2018) PROBLEMATIKA GURU DALAM PENYUSUNAN LAPORAN HASIL BELAJAR BERBASIS DIGITAL DI MI YPSM PUNJUL KABUPATEN KEDIRI. In: SEMINAR PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN (SEMDIKJAR) 24 AGUSTUS 2018, 24 AGUSTUS 2018, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.
Text (PROBLEMATIKA GURU DALAM PENYUSUNAN LAPORAN HASIL BELAJAR BERBASIS DIGITAL DI MI YPSM PUNJUL KABUPATEN KEDIRI)
86206_0710039103.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (4MB) |
|
Text (SIMILARITY TURNITIN)
86206_0710039103_SIMILARITY.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (165kB) |
|
Text (PEER REVIEW)
86206_0710039103_PEER REVIEW.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (396kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui prosedur prosedur penyusunan laporan hasil belajar berbaisi digital. (2) Permasalahan yang dihadapi guru dalam menyusun laporan hasil belajar berbasis digital (3) Strategi guru untuk mengatasi kendala dalam menyusun laporan belajar berbasis digital.Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar di MI YPSM Punjul.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan.dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik truangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan prosedur penyusunan laporan hasil belajar yaitu menggolongkan data hasil belajar berdasarkan ranah pengetahuan sikap dan keterampilan, selanjutnya data hasil penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester dipilah berdasarkan mata pelajaran, karena kegiatan pembelajaran dilakukan secara tematik. Data yang berupa angka tersebut kemudian dimasukkan ke dalam program computer yaitu Microsoft office excel . Pada ranah pengetahuan kesimpulan data berupa angka sedangkan pada ranah sikap dan pengetahuan kesimpulan data berupa deskripsi kemampuan siswa. Masalah yang dihadapai guru antara lain penguasaan teknologi yang masih minim, jumlah item penilaian yang cukup banyak dan prosedur penilaian yang kompleks cukup menyulitkan guru, hasil deskripsi pada ranah sikap dan keterampilan kurang bisa mengakomodasi keunikan siswa, serta orang tua yang belum memahami perubahan bentu laporan belajar, sehingga menuntut adanya system ranking kelas. Strategi guru untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan meminta bantuan dari bagian IT sekolah, berdialog dengan sesama guru dan kelompok kerja guru, menjelaskan terkait kopetensi sikap dan keterampilan secara langsung kepada orang tua siswa, dan menyusun daftar rangking siswa secara tersendiri
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Karimatus Saidah |
Date Deposited: | 18 Jan 2021 03:54 |
Last Modified: | 18 Jan 2021 03:54 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2863 |
Actions (login required)
View Item |