Penerapan Model PBL dan GI Terhadap Kemampuan Menganalisis Fenomena Sosial Berorientasi Pendekatan Interdisipliner

IMRON, ILMAWATI FAHMI and Aka, Kukuh Andri (2018) Penerapan Model PBL dan GI Terhadap Kemampuan Menganalisis Fenomena Sosial Berorientasi Pendekatan Interdisipliner. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 3 (1). pp. 13-20. ISSN 2548-3447

[img] Text (Penerapan Model PBL dan GI Terhadap Kemampuan Menganalisis Fenomena Sosial Berorientasi Pendekatan Interdisipliner)
86206_0710128902.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (2MB)
[img] Text (SIMILARITY-TURNITIN)
86206_0710128902_SIMILARITY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3MB)
[img] Text (PEER REVIEW-KUKUH ANDRI AKA)
86206_0713118901_PEER REVIEW_KUKUH ANDRI AKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (905kB)
[img] Text (PEER REVIEW-ILMAWATI FAHMI IMRON)
86206_0713118901_PEER REVIEW_ILMAWATI FAHMI IMRON.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (1MB)
Official URL: http://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menganalisis fenomena sosial berorientasi pendekatan interdisipliner pembelajaran IPS, dan mendeskripsikan perbedaan kemampuan menganalisis fenomena sosial berorientasi pendekatan interdisipliner pembelajaran IPS dengan menerapkan model PBL dan GI pada mahasiswa PGSD UN PGRI Kediri. Jenis penelitian ini adalah eksperimental dengan rancangan penelitian Nonequivalent Groups Design yakni rancangan ini dilakukan perbandingan perlakuan model yang diterapkan oleh kelompok A dan model kelompok B untuk mengetahui kemampuan menganalisis fenomena sosial pembelajaran IPS pada mahasiswa PGSD UN PGRI Kediri. Kelompok A menggunakan model PBL (Problem Based Learning) dan kelompok B menggunakan GI (Group Investigation). Subjek penelitian adalah mahasiswa UN PGRI Kediri. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberian tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar penilaian atau lembar tes tulis berbentuk soal uraian yang mengacu pada indikator kemampuan menganalisis fenomena sosial berorientasi pendekatan interdisipliner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik inferensial. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan menganalisis fenomena sosial pada kelas PBL dan GI ditunjukkan t hitung 6,069 dengan signifikansinya 0,000<0,050. Dari perbedaan tersebut model PBL ditentukan lebih unggul dibandingkan dengan model GI, berdasarkan perbandingan nilai posttest dan pretest. Selisih model PBL yakni 16,08 point, sedangkan model GI yakni 6,56 point.

Item Type: Article
Subjects: 710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kukuh Andri Aka
Date Deposited: 12 Jan 2021 21:31
Last Modified: 14 Jan 2021 03:00
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2833

Actions (login required)

View Item View Item