Setya Wiratama, Nara (2016) MEMBUDAYAKAN NILAI-NILAI KARAKTER TEMBANG DOLANAN SEBAGAI FILTER TERHADAP BUDAYA ASING. In: Seminar Nasional Sejarah Lokal MUNAS II PPSI 2016, 11-12 November 2016, Aula Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.
Text (Prosiding)
87201_0729059101.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (672kB) |
|
Text (Prosiding Peer Review)
87201_0729059101_PEER_REVIEW.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (521kB) |
|
Text (Prosiding Similarity)
87201_0729059101_SIMILARITY.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Tembang dolanan merupakan salah satu dari sekian banyak jenis kebudayaan Indonesia yang mulai ditinggalkan keberadaan dan eksistensinya. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menganalisis nilai kearifan lokal tembang dolanan, serta memberikan analisis dan sintesis tentang membudayakan nilai-nilai karakter melalui tembang dolanan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Metode deskriptif analisis dilakukan dengan cara mendeskripsikan, untuk menemukan unsur-unsurnya, dianalisis lalu diperbandingkan. Metode deskriptif adalah sebuah cara atau teknik yang dilakukan untuk memaparkan suatu permasalahan sehingga dapat dengan jelas di analisis dan ditarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui teknik kajian pustaka (content analysis), wawancara mendalam (in-depth interviewing), dan observasi (observation). Mensosialisasikan berbagai tembang dolanan ke sekolah dengan memasukkan materi tembang dolanan ke muatan lokal dapat dilakukan sebagai langkah awal. Pemakalah menggunakan tembang dolanan ke peserta didik Sekolah Dasar (SD). Hal ini disebabkan pendidikan budaya lebih maksimal apabila ditanamkan mulai Sekolah Dasar, sehingga peserta didik nantinya sudah memiliki filter dari pengaruh budaya asing. Tembang dolanan berisi pesan-pesan moral yang sesuai bagi pembentukan karakter atau budi pekerti luhur anak. Makna yang dimaksud antara lain pesan moral kepada anak-anak untuk memiliki kepribadian yang religius, tidak memiliki sifat sombong, mawas diri, mengutamakan kebersamaan, keselarasan dalam berhubungan dengan orang lain, serta saling menghargai. Kata Kunci: tembang, dolanan, nilai karakter, nilai tembang dolanan
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | 580 Humaniora social science > 618 History (history) 710 Education science > 720 Social science education 710 Education science > 722 Historical education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Nara Setya Wiratama |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 06:52 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 06:52 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2809 |
Actions (login required)
View Item |