ANALISA PERILAKU KONSUMEN: STRATEGI MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS DI ERA EKONOMI DIGITAL

Santoso, Rachmad and Munawi, Hisbulloh Ahlis and Nevita, Ary Permatadeny (2020) ANALISA PERILAKU KONSUMEN: STRATEGI MEMENANGKAN PERSAINGAN BISNIS DI ERA EKONOMI DIGITAL. Jurnal G-Tech, 4 (1). pp. 286-293. ISSN 2580-8737 (cetak) dan 2623-064X (online)

[img] Text (Peer Review)
1. Peer Review Jurnal G-Tech.pdf - Other

Download (4MB)
[img] Text (Artikel Jurnal)
1. Jurnal G-Tech.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Similarity Check)
1. Turnitin_Jurnal_G-Tech.pdf - Other

Download (2MB)
Official URL: http://ejournal.uniramalang.ac.id/index.php/g-tech...

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang terjadi dengan begitu pesatnya memberikan dampak yang cukup besar terhadap perilaku konsumen dalam memilih dan memutuskan untuk melakukan transaksi jual beli. Teknologi Informasi telah memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, tidak dibatasi oleh waktu dan tempat sehingga diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas. Peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia dari 30 juta orang pada tahun 2009 menjadi 171 juta orang pada tahun 2018 perlu disikapi dengan bijak khususnya bagi perusahaan yang ingin memenangkan persaingan bisnis. Perubahan perilaku konsumen terkait dengan cara memperoleh informasi dan melakukan transaksi jual beli harus dikaji ulang secara terus menerus agar diperoleh informasi yang tepat mengenai keinginan dan kebutuhan konsumen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam melakukan aktifitasnya khususnya aktifitas jual beli sebagai akibat perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang dilakukan secara online (online) agar bisa menjangkau responden yang lebih banyak, lebih beragam, lebih luas sebarannya dan dalam waktu yang lebih cepat. Hasil penelitian menunjukkan adanya ketergantungan masyarakat terhadap internet yang berakibat adanya perubahan cara mendapatkan informasi dan perubahan perilaku dalam melakukan jual beli yang semula dilakukan secara offline menjadi online.

Item Type: Article
Subjects: 410 Engineering science > 430 Industrial engineering science
Divisions: Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > D3-Teknik Industri
Depositing User: Rachmad Santoso
Date Deposited: 05 Jan 2021 02:58
Last Modified: 05 Jan 2021 03:56
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2805

Actions (login required)

View Item View Item