WINARKO, SIGIT PUJI and ASTUTI, PUJI and WIJAYANTI, FITRIA (2017) Analisis Biaya Volume Laba Sebagai Alat Bantu Perencanaan Laba Pada Perusahaan PIA Latief Kediri. Jurnal Akuntansi dan Ekonomi (JAE), 2 (2). pp. 102-117. ISSN 2541-0180
Text (Full text)
62401_0716057101.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (Similarity)
62401_0716057101_SIMILARITY.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text (Peer Review)
62401_0716057101_PEER_REVIEW.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (510kB) |
Abstract
Usaha kecil dan menengah di Kota Kediri berkembang dengan pesat, terutama usaha makanan. Demikian pula dengan usaha Pia Latief juga mengalami perkembangan dari tahun ke tahun, hal ini dibuktikan dengan permintaan yang semakin meningkat. Maka sektor ini perlu untuk terus dikembangkan dan perlu diteliti bagaimana perkembangannya sehingga dapat memberikan masukan dan gambaran tentang usahanya. Analisa yang perlu mendapatkan perhatian adalah berkaitan dengan volume penjualan dikaitkan dengan biaya dan laba yang diperoleh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis berkaitan dengan break even point, contribution margin, margin of safety, dan perencanaan laba. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Analisis data dengan menggunakan metode least square untuk memisahkan biaya semi variabel menjadi biaya tetap dan biaya variabel. Setelah itu dianalisis dengan menggunakan break even point, contribution margin, dan margin of safety. Hasil penelitian yang dilakukan pada perusahaan Pia Latief Kota Kediri, terhadap dua produk yaitu pia basah dan pia kering adalah BEP pia basah sebesar 6.986 unit, pia kering sebesar 12.292 unit. Kontribusi margin sebesar 53,34% dari penjualan, margin of safety sebesar 95,67% dengan target penjulan tahun 2017 sebesar 169.581 unit untuk produk pia basah, target penjualan pia kering sebesar 298.409 unit. Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat memberikan masukan pada perusahaan Pia Latief dalam menentukan kebijakan produksi dan penjualan, sehingga diperoleh keuntungan yang maksial. Kata kunci : Biaya Volume Laba, Perencanaan Laba.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 550 Economics > 560 Economics 550 Economics > 562 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Akuntansi |
Depositing User: | Sigit Puji Winarko |
Date Deposited: | 18 Dec 2020 02:10 |
Last Modified: | 18 Dec 2020 02:10 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2788 |
Actions (login required)
View Item |