MUHARRAM, NUR AHMAD and KHOLIS, MOH NUR (2018) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Servis Atas melalui Model Pembelajaran Problem Based Introduction dalam Permainan Bola Voli. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN CITRA BAKTI (JIPCB), 5 (2). pp. 103-107. ISSN p-ISSN 2355-5106, e-ISSN 2620-6641
Text (full text)
KODE_0703098802.pdf Download (1MB) |
|
Text (peer review)
KODE_0703098802_PEER REVEIW.pdf Download (1MB) |
|
Text (similarity)
KODE_0703098802_SIMILARITY.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar servis atas dalam permainan bolavoli pada siswa kelas V SDN Wonokerso II melalui model pembelajaran problem based introduction. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Wonokerso II yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan penilaian hasil belajar servis atas bolavoli. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kualitatif dengan hasil prosentase. Dari hasil analisis yang dilakukan, diperoleh peningkatan yang signifikan daripratindakanke siklus I dan siklus II. Prestasi belajar servis atas bolavoli pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 63,89% atau 23 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase prestasi belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 77,78% atau sejumlah 28 siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 760 Sports and health education education 710 Education science > 763 Sports and health education 710 Education science > 765 Sports science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Nur Ahmad Muharram |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 09:59 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 09:59 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2749 |
Actions (login required)
View Item |