WIDIAWATI, HESTIN SRI and PRASTYANINGTYAS, EFA WAHYU (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA KULIAH AKUNTANSI KOPERASI MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI. JUPEKO Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (2). pp. 1-15. ISSN 2548-6187
Text
III.A.1.b.3.1 JuPEKO PBL.pdf Download (2MB) |
|
Text
15014242350821660573_2.pdf Download (3MB) |
|
Text
6. Reviewer Pengembangan LKM.pdf Download (1MB) |
Abstract
Akuntansi koperasi adalah mata kuliah program studi pendidikan ekonomi. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa buku ajar yang dimiliki mahasiswa masih kurang memadai untuk proses pembelajaran yang kondusif, khususnya bahan ajar yang berbentuk cetak. Ketidakpahaman mahasiswa terhadap penyajian materi pada buku teks mengakibatkan mahasiswa kurang termotivasi untuk belajar mandiri. Dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa maka diperlukan pengembangan bahan ajar yang berupa LKM. LKM yang akan dikembangkan dalam penelitian ini adalah LKM yang berbasis problem based learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Mengetahui hasil pengembangan LKM mata kuliah akuntansi koperasi berbasis problem based learning yang valid, praktis dan efektif bagi mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara Kediri, 2. Mengetahui kelayakan LKM yang telah dikembangkan untuk mata kuliah akuntansi koperasi berbasis problem based learning, 3. Menetahui respon mahasiswa Pendidikan Ekonomi terhadap LKM yang telah dikembangkan Model yang digunakan dalam pengembangan perangkat pebelajaran ini adalah Model Thiagarajan yang lebih dikenal dengan Model 4-D, yang terdiri dari: (1) tahap define (pendefinisian), (2) tahap design (Perancangan), (3) Tahap develop (pengembangan) dan (4) tahap disseminate (penyebaran). Untuk mendukung pengembangan bahan ajar dalam tahap define (pendefinisian) dilakukan analisis RPP dan buku teks, mereview literatur, serta wawancara mahasiswa dan teman sejawat. Pada tahap design (perancangan) dilakukan perancangan lembar kerja mahasiswa. Untuk mendukung pengembangan LKM dalam tahap design (perancangan) dikembangkan draf awal yang berupa: (1) lembar validasi LKM, (2) lembar validasi evaluasi, (3) lembar observasi LKM, (4) Lembar observasi aktifitas mahasiswa, (5) angket penilaian mahasiswa dalam uji keterbacaan dan (6) angket respon mahasiswa. Data yang sudah dihasilkan dianalisis secara deskriptif kualitatif, menggunakan tabel distribusi persentase tunggal dan t-test tanpa kelompok kontrol (menggunakan nilai tes awal dan tes akhir) untuk mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi pembelajaran yang sudah disampaikan.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 550 Economics > 562 Accounting 550 Economics > 571 Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1-Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Efa Wahyu Prastyaningtyas |
Date Deposited: | 14 Dec 2020 01:06 |
Last Modified: | 14 Dec 2020 01:06 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2673 |
Actions (login required)
View Item |