YULIANTO, DEMA and UTOMO, HANGGARA BUDI and WATI, EPRITHA KURNIA (2020) Regulasi Emosi Secara Kognitif Guru dan Perilaku Antisosial Anak. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6 (1). pp. 119-126. ISSN 2442-9163
Text
Artikel Regulasi Emosi Secara Kognitif Guru dan Perilaku Antisosial Anak.pdf Download (493kB) |
|
Text
Cek Plagiasi Regulasi Emosi Secara Kognitif Guru dan Perilaku Antisosial Anak.pdf Download (2MB) |
|
Text (Peer Review Regulasi Emosi Dema)
Peer Review Regulasi Emosi.pdf Download (223kB) |
|
Text (Peer Review Regulasi Emosi Epritha)
Peer Review Regulasi Emosi_004.pdf Download (501kB) |
|
Text (Peer Review Regulasi Emosi Hanggara)
Peer Review S-4 Regulasi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mengelola emosi dapat dilakukan dengan pendekatan kognitif dan perilaku. Pendekatan kognitif menjelaskan bahwa emosi yang dirasakan individu merupakan hasil dari penilaian terhadap situasi yang dihadapinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji pendekatan regulasi emosi secara kognitif guru dalam menghadapi perilaku anti sosial anak TK. Metode penelitian ini adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Secara mendasar, studi pustaka terkait dengan kajian teoritis dan referensi lain yang berkaitan dengan nilai, budaya, dan norma yang berkembang pada situasi yang diteliti. Pendekatan regulasi emosi secara kognitif yang dapat dilakukan guru, antara lain: (1) guru dapat mengajarkan regulasi emosi anak dengan cara menanggapi emosi dan mengajarkan tentang emosi; (2) guru dapat memberikan bimbingan dalam kompetensi emosional dengan cara memberikan contoh emosi yang positif dan negatif, cara menanggapi emosi anak, dan memanifestasikan emosi; (3) guru dapat berinteraksi dengan anak, sambil mengidentifikasi emosi yang sering muncul pada diri anak-anak.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 710 Education science > 794 PGTK and PAUD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Dema Yulianto |
Date Deposited: | 02 Dec 2020 09:54 |
Last Modified: | 29 Mar 2023 06:18 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2664 |
Actions (login required)
View Item |