PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MASA PANDEMI COVID 19 DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN

Fuadi, Ahmad Sahal and Muchson, Muchamad (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MASA PANDEMI COVID 19 DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN. In: Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Akuntansi dan Call For Paper (Restrukturisasi Ekonomi dan Bisnis di Era Covid 19), 19 September 2020, Kediri.

[img] Text (Prosiding Senmea 2020)
Prosiding SENMEA 2020.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Uji Plagiasi)
PENERAPAN_MODEL_PEMBELAJARAN_PROBLEM_BASED_LEARNIN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (PEER REVIEW)
PEER REVIEW PBL SENMEA.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senme...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK Hidayatus Sholihin dengan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) untuk mengatasi permasalahan yang ada di dalam kelas. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus dan setiap siklus dilakukan refleksi terhadap tindakan yang diberikan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik untuk analisis data yaitu dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran PKK di SMK Hidayatus Sholihin. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dari siklus I sebesar 62,01% mengalami peningkatan menjadi 76,30% pada siklus II dan mengalami peningkatan pada siklus III sebesar 80,19%. Hasil belajar pengetahuan siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 76 dengan persentase ketuntasan 50% dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 80 dengan persentase ketuntasan 64% dan mengalami peningkatan pada siklus III rata-rata kelas menjadi 84 dengan persentase ketuntasan 86%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: 550 Economics > 561 Economic development
Divisions: Program Pascasarjana > S2-Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mochamad Muchson
Date Deposited: 25 Nov 2020 07:46
Last Modified: 27 Nov 2020 04:24
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2624

Actions (login required)

View Item View Item