EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA KELAS X DI SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019

Ernandya, Vivin Chrisna and HANGGARA, GURUH SUKMA and KRISPHIANTI, YUANITA DWI (2020) EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN INTERPERSONAL SISWA KELAS X DI SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (full teks)
RAMA_86201_14101010103.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_14.1.01.01.0103_0705068605_0708068904_01_Front_Ref[1].pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (0B)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_14.1.01.01.0103_0705068605_0708068904_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_14.1.01.01.0103_0705068605_0708068904_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_14.1.01.01.0103_0705068605_0708068904_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (438kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_14.1.01.01.0103_0705068605_0708068904_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (88kB) | Request a copy
[img] Text (REFERENCES)
RAMA_86201_14.1.01.01.0103_0705068605_0708068904_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (89kB)

Abstract

Vivin Chrisna Ernandya: Efektivitas Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Hubungan Interpersonal Siswa Kelas X DI SMK PGRI 4 Kediri tahun Ajaran 2018/2019, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2019. Kata Kunci: teknik sosiodrama, hubungan interpersonal. Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa terdapat permasalahan siswa seperti kurang bisa mencari teman, dan kurang bisa berhubungan dengan teman. Hal seperti ini disebabkan karena siswa kurang percaya diri, belum beradaptasi, dan belum menemukan jati diri. Hubungan interpersonal sangat penting bagi siswa karena jika siswa mampu berhubungan interpersonal secara baik maka siswa mempunyai kesempatan untuk menggali potensi mereka dan dapat berhubungan baik dengan antar siswa lainnya. Menyikapi hal tersebut maka dilakukan upaya agar siswa mampu meningkatkan hubungan interpersonalnya. Teknik sosiodrama dipandang tepat membantu siswa untuk meningkatkan hubungan interpersonal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan hubungan interpersonal siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian one – group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X TKR 2 yang berjumlah 32 siswa, dan sebagai sampelnya adalah 8 siswa yang memiliki hubungan interpersonal yang rendah. Penelitian ini dilakukan dengan 3 tahapan, pengambilan sampel menggunakan instrumen skala hubungan interpersonal, pemberian perlakuan sosiodrama, pengumpulan data mengggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis data menggunakan Paired Sample t-Test dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung 18.052 > ttabel 2.365 pada taraf signifikansi 5%, maka hipotesis dalam penelitian yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan hubungan interpersonal siswa kelas X SMK PGRI 4 Kediri tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa teknik sosiodrama dapat meningkatkan hubungan interpersonal antar siswa,sehingga disarankan bagi konselor untuk menerapkan berbagai jenis layanan yang dapat membantu siswa menghadapi tugas perkembangannya. Konselor perlu memperhatikan interaksi sosial siswa karena dengan teknik sosiodrama ini siswa dapat terbuka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: teknik sosiodrama, hubungan interpersonal
Subjects: 580 Humaniora social science > 613 Humanities
580 Humaniora social science > 622 Communication studies
710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 952 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2020 04:14
Last Modified: 31 Aug 2020 04:17
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2248

Actions (login required)

View Item View Item