Umroh, Mainun and SETYAWATI, SRI PANCA and HANGGARA, GURUH SUKMA (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS X SMAN PURWOASRI Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (FULL TEXT)
RAMA_86201_14101010136.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (COVER SD BAB 1 + REFERENCES)
RAMA_86201_14101010136_0716046202_0705068605_01_Front_Ref.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (555kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86201_14101010136_0716046202_0705068605_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86201_14101010136_0716046202_0705068605_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (380kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86201_14101010136_0716046202_0705068605_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (223kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86201_14101010136_0716046202_0705068605_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (59kB) | Request a copy |
|
Text (REFERENCES)
RAMA_86201_14101010136_0716046202_0705068605_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (83kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
RAMA_86201_14101010136_0716046202_0705068605_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (443kB) | Request a copy |
Abstract
Mainun Umroh : Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas X Sman Purwoasri Tahun Ajaran 2019/2020 Kata Kunci: bimbingan kelompok, teknik problem solving, kedisiplinan. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti selama melaksanakan kegiatan praktik pengalaman lapangan (PPL) di SMAN Purwoasri, bahwa terdapat bentuk kedisiplinan yang masih kurang banyak dilakukan oleh siswa kelas X. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya siswa yang terlambat masuk sekolah tidak sesuai dengan waktu dimulainya pelajaran. keterangan dari guru BK dan guru mata pelajaran lainnya bahwa siswa tidak memakai atribut seragam dengan lengkap dan banyak dari siswa memakai aksessoris yang berlebihan ke sekolah. Hal kedisiplinan siswa ini perlu mendapat perhatian dan intervensi serta memerlukan penanganan. Salah satu teknik yang akan diterapkan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa adalah Bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik problem solving dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan siswa kelas X di SMAN Purwoasri Tahun Ajaran 2019/ 2020. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan teknik eksperimen dengan desain penelitian yaitu one group pretest-posttest, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas X SMAN Purwoasi. Populasi penelitian ini berjumlah 210 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster purposiv dimana sampel penelitian kelas X IIS dan MIA di SMA Purwoasri Kediri Tahun Ajaran 2019/ 2020 yang berjumlah 60 siswa. Instrumen yang digunakan skala psikologis untuk mengetahui kedisiplinan siswa. Sedangkan analisis data menggunakan uji paired sample t-Test. Penelitian ini dilakukan dalam 6 tahap yaitu: pretest, melaksanakan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving 4 kali treatment, dan posttest. Dari hasil analisis data diketahui bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan tersebut diambil Berdasarkan hasil uji paired t-test dengan SPSS 22.0 diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 (< 0,05) dan hasil thitung sebesar -29,458 Dengan derajat kebebasan (df) 59 dipeoleh nilai ttabel sebesar 2,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik problem solving terhadap kedisiplinan siswa kelas X di SMAN Purwoasri tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan simpulan diatas ada beberapa saran (1) Bagi peneliti sebaiknya penelitian dilakukan dengan permasalahn perbeda dan menggunkan bimbingan kelompok dengan teknik lain. (2) Bagi guru BK, dapat memberikan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk menyelesaikan permasalahan siswa yang mempunyai kedisiplinan yang rendah(3) Bagi siswa mampu menerapkan kedisiplinan dengan baik demi kehidupan dimasa depan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan kelompok, teknik problem solving, kedisiplinan |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling 710 Education science > 817 Other arts education sector not yet listed |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | MAINUN UMROH UMROH |
Date Deposited: | 31 Aug 2020 03:50 |
Last Modified: | 31 Aug 2020 03:50 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/2241 |
Actions (login required)
View Item |