Dyah Adista, Nesyadila (2025) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 1 SD GEDANGSEWU PARE. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060076.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060076_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (548kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060076_0706128701_0710128902_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (805kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060076_0706128701_0710128902_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (862kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060076_0706128701_0710128902_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (550kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060076_0706128701_0710128902_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (524kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060076_0706128701_0710128902_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (267kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_2014060076_0706128701_0710128902_06_Ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (143kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060076_0706128701_0710128902_07_Lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
NESYADILA DYAH ADISTA. Pengaruh penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantuan E-Modul terhadap hasil belajar materi pengurangan dan penjumlahan SDN Gedang Sewu Pare 2024/2025, Skripsi PGSD, FKIP UNP Kediri, 2025. Kata kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Materi Pengurangan dan Penjumlahan. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi yang menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru dan modul cetak. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20. Salah satu upaya yang dilakukan dalam mengatasi permasalahan yang terjadi adalah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan E-modul yang sesuai pada materi yang sedang diajakan pada siswa. Tujuan penelirian ini diantaranya : 1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan E-Modul materi pengurangan dan penjumlahan terhadap hasil belajar untuk siswa kelas 1 SDN Gedang Sewu 1 Pare, 2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning tanpa berbantuan E-Modul materi pengurangan dan penjumlahan terhadap hasil belajar untuk siswa kelas 1 SDN Gedang Sewu 2 Pare, 3). Untuk mengetahui adanya perbedaan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan E-modul siswa Kelas 1 SDN Gedangsewu 1 Pare dan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning tanpa E-modul terhadap hasil belajar materi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah sampai 20. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, teknik penelitian menggunakan eksperimental quasy. Subjek penelitian pada ini adalah siswa kelas I SDN Gedangsewu 1 Pare sebanyak 31 siswa dan siswa kelas I SDN Gedangsewu 2 Pare sebanyak 28 siswa. Pengunpulan data berupa tes tertulis (pretest dan post test) dalam bentuk uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t taraf signifikansi 5%. Dari hasil analisis data pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh Model Problem Based learning (PBL) berbantuan E-Modul terhadap hasil belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SDN Gedangsewu Pare Tahun 2024/2025, 2) Terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) tanpa berbantuan E-Modul terhadap hasil belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SDN Gedangsewu Pare Tahun 2024/2025, 3) Terdapat perbedaan pengaruh model Problem Based Learning berbantuan E-Modul terhadap hasil belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SDN Gedangsewu 1 Pare Tahun 2024/2025 dengan model Problem Based Learning tanpa berbantuan E-Modul terhadap hasil belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SDN Gedangsewu 1 Pare Tahun 2024/2025
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Materi Pengurangan dan Penjumlahan. |
Subjects: | 100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics 660 Art, design and media > 705 Other media fields not yet listed 710 Education science > 772 Mathematics education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Nesyadila Dyah Adista |
Last Modified: | 07 Mar 2025 21:43 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17882 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |