KEEFEKTIFAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING SISWA KELAS X DI SMKN 2 KOTA KEDIRI

Manuri, Diana Bunga (2025) KEEFEKTIFAN TEKNIK DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING SISWA KELAS X DI SMKN 2 KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86201_2014010052.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (similarity)
RAMA_86201_2014010052_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text (cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2014010052_0716046202_0717115901_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86201_2014010052 _0716046202_0717115901_02.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86201_2014010052 _0716046202_0717115901_03.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86201_2014010052 _0716046202_0717115901_04.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86201_2014010052 _0716046202_0717115901_05.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86201_2014010052 _0716046202_0717115901_06_Ref.pdf.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (413kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86201_2014010052 _0716046202_0717115901_07_Lamp.pdf.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti yang menemukan bahwa beberapa siswa di SMKN 2 Kota Kediri memiliki tingkat pemahaman yang rendah terkait perilaku bullying. Hal ini terlihat dari beberapa siswa yang pernah mengatakan menjadi korban bullying verbal atau siswa yang menjadi pelaku seperti mengunci temannya dikamar mandi, dan siswa yang pernah diolok-olok karena memakai filter di medsos. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan teknik diskusi kelompok dalam layanan bimbingan kelompok sebagai cara untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas X SMKN 2 Kota Kediri tentang perilaku bullying. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, menggunakan desain one group pre-test and post-test. Pada desain ini, satu kelompok diberikan perlakuan berupa bimbingan kelompok dengan teknik diskusi. Data dikumpulkan melalui test pemahaman perilaku bullying, sementara pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan uji statistik parametrik dengan uji N-Gain. Simpulan hasil penelitian dalam penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang perilaku bullying. Efektivitas ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata pemahaman siswa sebelum dan sesudah perlakuan diberikan. Sebelum perlakuan, nilai rata-rata siswa adalah 54,30, sementara setelah perlakuan meningkat menjadi 86, dengan selisih peningkatan sebesar 31,70. Selain itu, dalam menentukan efektifitas dianalisis menggunakan uji N-Gain dengan skor sebesar 67,155% yang termasuk kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian ini, terdapat beberapa rekomendasi: (1) Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan desain eksperimen dengan kelompok kontrol untuk memungkinkan perbandingan efektivitas intervensi, sehingga hasil yang diperoleh lebih optimal dan akurat; (2) Penelitian selanjutnya juga dapat melibatkan jumlah partisipan yang lebih banyak agar hasil yang dihasilkan menjadi lebih representatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teknik Diskusi, Pemahaman, Perilaku Bullying.
Subjects: 710 Education science > 803 Guidance and counseling
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Diana Bunga Manuri
Last Modified: 07 Mar 2025 06:43
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17860

Actions (login required)

View Item View Item