Ningtiyas, Rahayu (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POP-UP BOOK BERMUATAN CREATIVTY SISWA MATERI DONGENG SISWAKELAS IIISDN SAMBIREJO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_86206_19101100150.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_86206_ 19101100150_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (259kB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100150_0728129001_0725076201_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (789kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100150_0728129001_0725076201_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (518kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100150_0728129001_0725076201_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (818kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100150_0728129001_0725076201_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (737kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100150_0728129001_0725076201_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (332kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_86206_19101100150_0728129001_0725076201_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (434kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100150_0728129001_0725076201_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi yang telah dilakkan di kelas III SDN Sambirejo pada materi menentukan pesan dalam dongeng,diketahui bahwa guru saat menyampaikan materi menentukan pesan dalam dongeng menggunakan bahan ajar masih kurang bervariasi. Guru hanya menggunakan bahan ajar tematik dengan memperlihatkan gambar dan cerita. Pada saat guru menyampaikan materi dengan menggunakan metode cerama, siswa hanya diam saja dan menerima materi yang disampaikan padahal siswa belum sepenuhnya memahami materi tersebut. Akibatnya siswa kesulitan untuk mendiskripsikan materi menentukan pesan dalam dongeng. Permasalahan ini dibuktikan dengan nilai-nilai yang diperoleh siswa kelas III SDN Sambirejo pada materi menentukan pesan dalam dongeng yang relatif rendah dengan rata-rata dibawah nilai KKM 75. Rumusan masalah dalam penelitihan ini yaitu (1) Bagaimana validitas Bahan ajar Pop-Up Book pada materi dongeng kelas III SDN Sambirejo? (2) Bagaimana respon guru terhadap Bahan ajar Pop untuk materi dongeng siswa kelas III SDN Sambirejo? (3) Bagaimana efektivitas Bahan ajar Pop-Up Book pada materi dongeng siswa kelas III di SDN Sambirejo? Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian terdiri dari 6 siswa untuk uji coba terbatas dan 16 siswa untuk uji coba luas.Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Angket digunakan untuk mengukur validitas bahan ajar, serta respons guru dan siswa. Tes digunakan untuk menilai kemampuan siswa dalam memahami pesan moral dalam dongeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar Pop-Up Book ini valid dengan persentase validasi bahan ajar sebesar 82,5% dan validasi ahli materi sebesar 85%. Bahan ajar ini juga efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap pesan moral dalam dongeng, dengan rata-rata nilai uji coba terbatas sebesar 83 dan uji coba luas sebesar 86,25, yang semuanya tuntas secara klasikal. Respons guru dan siswa terhadap bahan ajar ini sangat baik, dengan persentase masing-masing 96% dan 89% untuk uji coba terbatas, serta 96% untuk uji coba luas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan bahan ajar Pop-Up Book bermuatan kreativitas siswa pada materi dongeng dinyatakan valid, efektif, dan diterima dengan baik oleh siswa dan guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar, Pop-Up Book, Materi Dongeng. |
Subjects: | 200 Animal science > 215 Animal husbandry development 200 Animal science > 217 Animal husbandry 200 Animal science > 218 Animal feed production and technology |
Depositing User: | RAHAYU NINGTIYAS |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 11:12 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 11:12 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |