Rozikin, Muhammad Zainur (2025) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP MOTIVASI HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PEMBELAJARAN SEPAK BOLA DI SMPN 6 NGANJUK. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
![]() |
Text (Full text)
RAMA_85201_2015030130.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Similarity)
RAMA_85201_2015030130_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_85201_2015030130_0015066801_0711038802_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (586kB) |
![]() |
Text (BAB 2)
RAMA_85201_2015030130_0015066801_0711038802_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (251kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
RAMA_85201_2015030130_0015066801_0711038802_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
RAMA_85201_2015030130_0015066801_0711038802_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (325kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
RAMA_85201_2015030130_0015066801_0711038802_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (95kB) | Request a copy |
![]() |
Text (References)
RAMA_85201_2015030130_0015066801_0711038802_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (172kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
RAMA_85201_2015030130_0015066801_0711038802_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran Descovery Learning merupakan pembelajaran dimana guru memberikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi siswa dalam memecahkan masalah serta motivasi belajar siswa berupa dorongan baik dari dalam ataupun luar diri sesorang berguna untuk mencapai tujuan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Descovery Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dribbling sepak bola di SMPN 6 Nganjuk. Jenis penelitian ini eksperimen semu (Quasi-experiment) dengan model rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX di SMPN 6 Nganjuk jumlah 9 kelas dan jumlah total 249 siswa. Metode pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Sampel penelitian diambil dua kelas yaitu kelas IX - 2 dan kelas IX – 6, total sampel ada 60 siswa. Angket motivasi belajar sudah di uji validitasnya oleh expert judgement dan digunakan untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa dan untuk hasil belajar menggunakan lembar observasi keterampilan. Metode analisis data penelitian menggunakan ANOVA two way. Hasil diperoleh pada penelitian ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Descovery Learning terhadap hasil belajar dribbling sepak bola, dengan nilai signifikansi sebesar p 0,041 < 0,05. Hasil analisis kelompok model pembelajaran Discovery Learning sebesar 15,60 lebih unggul dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional sebesar 14,64 dan dengan rata-rata selisih dari posttest sebesar 1,04. Serta ada pengaruh yang signifikan antara siswa motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar dribbling sepak bola, dengan nilai signifikansi sebesar p 0,000 < 0,05. Hasil motivasi belajar dimana siswa dengan motivasi belajar tinggi yaitu sebesar 16,17 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang dengan motivasi belajar rendah sebesar 14,07 dan dengan selisih rata-rata posttest sebesar 2,1. Serta ada interaksi antara model pembelajaran Discovery Learning dengan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar passing sepak bola, dengan nilai signifikansi yaitu p 0,001 < 0,05. Simpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar dribbling sepak bola dengan selisih nilai sebesar 1,04. Terdapat pengaruh yang signifikan antara siswa motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar dribbling sepak bola dengan selisih nilai sebesar 2,1. Terdapat interaksi antara model pembelajaran Discovery Learning dengan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap hasil belajar dribbling sepak bola.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Motivasi Belajar, Hasil belajar, Dribbling, Sepak bola |
Subjects: | 710 Education science > 760 Sports and health education education 710 Education science > 761 Physical education, health and recreation 710 Education science > 765 Sports science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | M. Zainur Rozikin |
Last Modified: | 24 Feb 2025 06:32 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17586 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |