IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASICC UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X.1 SMAN 3 KEDIRI

Annafinurika, Mukhammad (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ASICC UNTUK MENINGKATKAN KOLABORASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X.1 SMAN 3 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84205_2015020024.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_2015020024_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (123kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_2015020024_0007076801_0702078502_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (773kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_2015020024_0007076801_0702078502_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_2015020024_0007076801_0702078502_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (185kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_2015020024_0007076801_0702078502_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_2015020024_0007076801_0702078502_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84205_2015020024_0007076801_0702078502_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (152kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_2015020024_0007076801_0702078502_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan di SMAN 3 Kediri pada kelas X1 diperoleh hasil bahwa hanya 10 dari 36 peserta didik yang mengumpulkan tugasnya. Selama mengobservasi dikelas juga ditemukan bahwa, kegiatan pembelajaran tidak terstruktur dengan baik, persentase kemampuan kolaborasi peserta didik sebesar 60%. Metode penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikolaborasikan dengan Lesson Study (LS), dengan tahapan plan, do, see. Penelitian ini dilakukan pada 2 siklus yang dilaksanakan pada bulan Januari 2024 sampai bulan Februari 2024. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X1 SMAN 3 Kediri dengan jumlah 36 peserta didiktahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian adalah angket, lembar observasi, lembar wawancara, soal posttest dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dengan membandingkan antara pra-siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan rata-rata kemampuan kolaborasi peserta didik pada siklus 1 sebesar 62,82% meningkat menjadi 81,02% pada siklus 2. Terdapat beberapa peningkatan pada indikator kemampuan kolaborasi, indikator kolaborasi pada siklus 1 sebesar 59% meningkat menjadi 78% pada siklus 2, indikator manajemen waktu pada siklus 1 sebesar 81% meningkat menjadi 99% pada siklus 2, indikator pemecahan masalah 58 % pada siklus 1 meningkat menjadi 73% pada siklus 2, indikator bekerjasama 54% pada siklus 1 meningkat menjadi 80% pada siklus 2, dan indikator terakhir yaitu teknik penyelidikan 58% pada siklus 1 meningkat menjadi 76% pada siklus 2. Berdasarkan hal tersebut, kemampuan kolaborasi peserta didik dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran ASICC. Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian model pembelajaran ASICC berbasis LS dapat diimplementasikan/ diterapkan pada peserta didik dengan baik. Model pembelajaran ASICC dapat meningkatkan kemampuan kolaborasi peserta didik, dan dapat direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ASICC, Kolaborasi
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 790 Education science
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Mukhammad Annafinurika
Last Modified: 28 Aug 2024 03:10
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17293

Actions (login required)

View Item View Item