PENGEMBANGAN MEDIA GAME PERKALIAN ASIK (PERSIK) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS II SD

Nofemale, Refi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA GAME PERKALIAN ASIK (PERSIK) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS II SD. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060276.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060276_SIMILIRITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (473kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060276_0724077901_0713037304_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060276_0724077901_0713037304_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060276_0724077901_0713037304_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060276_0724077901_0713037304_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060276_0724077901_0713037304_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (64kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060276_0724077901_0713037304_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (378kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060276_0724077901_0713037304_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang permasalahan di SDN Wonorejo Trisulo I Kabupaten Kediri, pada kelas II bahwa guru hanya menggunakan buku tematik dan ceramah yang keduanya hanya memuat tulisan untuk menjelaskan materi, materi dalam buku siswa terbatas, kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran guru yang hanya satu arah, media pembelajaran yang belum dikembangkan. Solusi penelitian ini yaitu peneliti mengembangkan media pembelajaran game PERSIK (Perkalian Asik) mata Pelajaran matematika untuk siswa kelas II SD. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media game PERSIK (Perkalian Asik) untuk siswa kelas II SD. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran game PERSIK (Perkalian Asik) berbasis scratch dan dapat membantu siswa dalam proses belajar materi perkalian. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu : 1) analisis (analysis), 2) desain (design), 3) pengembangan (development), 4) penerapan (implementation), dan 5) evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan tes. Penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu uji coba terbatas yang dilakukan oleh 5 siswa dan uji coba luas dilakukan oleh 20 siswa. Hasil dari penelitian bahwa validasi ahli media pembelajaran mendapatkan rata – rata presentase 89%, sehingga media pembelajaran game PERSIK (Perkalian Asik) sangat valid artinya sangat baik dan dapat digunakan tanpa revisi. Kepraktisan didapat dari respon guru dengan mendapatkan presentase 94% sehingga media pembelajaran game PERSIK (Perkalian Asik) sangat praktis dan digunakan tanpa revisi. Keefektifan didapatkan dari uji coba terbatas soal evaluasi pre test sebesar 74 dan post test sebesar 96. Sedangkan uji coba luas pre test sebesar 64,5 dan post test sebesar 90,5. Sehingga media game PERSIK (Perkalian Asik) sangat efektif artinya sangat baik digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Game PERSIK (Perkalian Asik), Perkalian, Matematika
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 121 Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Refi Bulan Nofemale
Last Modified: 27 Aug 2024 08:21
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17267

Actions (login required)

View Item View Item