UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PADA MATERI MENGENALI, MENYADARI DAN MENGHARGAI KERAGAMAN IDENTITAS MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) KELAS X SMKS CAHAYA SURYA

M. Ma'rifani, Fani (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA PADA MATERI MENGENALI, MENYADARI DAN MENGHARGAI KERAGAMAN IDENTITAS MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) KELAS X SMKS CAHAYA SURYA. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_87205_2014030011.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_87205_2014030011_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (555kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_87205_2014030011_0005016901_0704038902_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (832kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_87205_2014030011_0005016901_0704038902_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_87205_2014030011_0005016901_0704038902_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (279kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_87205_2014030011_0005016901_0704038902_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_87205_2014030011_0005016901_0704038902_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_87205_2014030011_0005016901_0704038902_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (165kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_87205_2014030011_0005016901_0704038902_07_Lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil wawancara yang menunjukkan hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas X TKJ SMKS Cahaya Surya Kediri. Hal ini diduga akibat penggunaan metode ceramah yang kurang menyenangkan dan cakupan materi yang luas membuat proses pemberlajaran yang tidak efektif. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila meteri mengenal, menyadari dan menghormati keragaman identitas pada siswa kelas X-TKJ SMKS Cahaya Surya? (2) Apakah penerapan model pembelajaran koopetarif tipe Student Team Achivement Divisions (STAD) dapat meninkatkan hasil Pendidikan Pancasila meteri menyadari dan menghormati keragaman identitas pada siswa kelas X-TKJ SMKS Cahaya Surya? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan melibatkan siswa X TKJ SMKS Cahaya Surya Kediri sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan adalah Modul Ajar, lembar observasi, dan lembar soal pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Team Achievment Divisions(STAD) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi materi Mengenal, Menyadari dan Menghormati Keberagaman Identitas. Hal ini terlihat dari peningkatan tingkat ketuntasan belajar dari 59% (pretest) menjadi 68% (postest siklus I) dan 86% (postest siklus II). Kesimpulannya, penggunaan model pembelajaran Student Team Achievment Divisions(STAD) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila materi Mengenal, Menyadari dan Menghormati Keberagaman Identitas di dapat menjadi solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, STAD,Pendidikan Pancasila.
Subjects: 710 Education science > 721 Pancasila and civic education
710 Education science > 732 Cooperative education
710 Education science > 790 Education science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: M. Ma'rifani
Last Modified: 27 Aug 2024 09:38
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17110

Actions (login required)

View Item View Item