Puspitasari, Ilmi (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JENDELA DAUN (JEDA) PADA PEMBELAJARAN IPA SD MATERI JENIS DAN BENTUK TULANG DAUN TUMBUHAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060130.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (467kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_0708087703_0706128701_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_0708087703_0706128701_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (564kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_0708087703_0706128701_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (911kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_0708087703_0706128701_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_0708087703_0706128701_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (174kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_0708087703_0706128701_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (395kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_0708087703_070612701_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SDN Klanderan, yang menunjukkan pembelajaran IPAS pada capaian pembelajaran bentuk dan jenis tulang daun tumbuhan yang ada di kelas IV. Permasalahan yang didapatkan yaitu 1) kurangnya pemahaman siswa mengenai materi bentuk dan jenis-jenis tulang daun tumbuhan 2) kondisi siswa yang tidak kondusif pada saat pembelajaran 3) kurangnya kreatifitas guru dalam menyampaikan pembelajaran 4) tidak tersedianya media pembelajaran sebagai penunjang belajar siswa 5) hasil belajar siswa pada materi bentuk dan jenis tulang daun tumbuhan kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan pengembangan media Jendela Daun (JEDA). Pada penelitian ini menggunakan metode RnD (Research and Development. Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE dengan tahapan-tahapan yaitu, 1) tahap pengembanagn (development), 2) tahap perancangan (design), 3) tahap pengembangan (development), 4) tahap implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini menggunakan 2 sekolah yaitu SDN Klanderandan SDN Plosolor dengan jumlah siswa masing-masing sekolah 18 dan 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara tidak terstruktur, angket, observasi dan juga tes. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket, pedoman wawancara, pedoman observasi dan soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk. Kevalidan yang diukur dari hasil skor angket validator materi dan validator media, kepraktisan diukur dari hasil skor angket respon guru dan keefektifan dilihat dari skor hasil ketuntasan belajar siswa pada saat uji luas. Setelah dilakukan analisis data diperoleh kriteria sangat valid dengan skor ahli materi dan ahli media dengan skor rata-rata 87% . Hasil uji kepraktisan dinyatakan sangat praktis dengan hasil angket respon guru dengan skor 98% . Sedangkan pada uji keefektifan mendapatkan skor 97% berdasarkan hasil perhitungan ketuntasan belajar klaksikal siswa yang dilakukan pada saat uji luas sehingga dikategorikan sangat efektif. Berdasarkan analisis yang dipaparkan diatas dapat disimpulkan bahwa media Jendela Daun ( JEDA) ini sangat valid, sangat praktis, dan sangan efekif sehingga dapat digunakan pada pembelajaran materi bentuk dan jenis tulang daun tumbuhan pada kelas IV.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ubuntu Enterprice Cloud, Peivate Cloud Computing, Webserver |
Subjects: | 660 Art, design and media > 700 Media science 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ilmi Puspitasari |
Last Modified: | 22 Aug 2024 17:02 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/17014 |
Actions (login required)
View Item |