PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASICC BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 5 KERTOSONO

Setiani, Dila Elpin (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASICC BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP NEGERI 5 KERTOSONO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_84205_2015020019.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_84205_2015020019_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (263kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_2015020019_0713088605_0720088401_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_84205_2015020019_0713088605_0720088401_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_84205_2015020019_0713088605_0720088401_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_84205_2015020019_0713088605_0720088401_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_84205_2015020019_0713088605_0720088401_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (85kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_84205_2015020019_0713088605_0720088401_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (178kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_84205_2015020019_0713088605_0720088401_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan yang mengungkapkan bahwa proses pembelajaran IPA di kelas VIII SMP Negeri 5 Kertosono masih pasif dan hanya terpusat pada guru. Siswa cenderung kurang aktif dalam berdiskusi dan menyampaikan pendapat, dikarenakan LKS yang digunakan siswa masih menekankan pada pengetahuan dan pemahaman materi saja. Hal ini didukung dengan rekap hasil AKM kelas bahwa siswa masih kesulitan menemukan ide atau gagasan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Pretest pada materi sistem pencernaan juga menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih belum berkembang yang dibuktikan dengan uraian jawaban yang diberikan siswa kurang jelas dan spesifik, siswa masih kesulitan mengidentifikasi pertanyaan, dan mencari pemecahan solusi yang tepat. Selain itu, keterampilan berpikir kreatif siswa masih kurang dikarenakan siswa kesulitan dalam menganalisis pertanyaan, sehingga ide atau gagasan yang dikemukakan masih sangat terbatas dan belum bervariasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus berbasis lesson study yang dikolaborasikan menggunakan tahapan lesson study yaitu Plan, Do, dan See. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2023/2024 yaitu bulan Agustus-November 2023. Data diperoleh dari hasil lembar wawancara, lembar observasi, posttest, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan rubrik keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif kemudian dianalisis menggunakan n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa yang dilaksanakan selama dua siklus mengalami peningkatan. Hasil analisis n-gain pada siklus 1 didominasi oleh kategori keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif rendah dengan persentase 72,2%, sedangkan pada siklus 2 didominasi oleh kategori keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif sedang dengan persentase 44,4%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ASICC berbasis lesson study efektif untuk memperbaiki keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Kertosono pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif, ASICC
Subjects: 100 Mathematics and natural science > 113 Biology (and general biotechnology)
710 Education science > 770 Mathematics education and nature knowledge (mipa)
710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi
Depositing User: Dila Elpin Setiani
Last Modified: 22 Aug 2024 11:37
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16966

Actions (login required)

View Item View Item