Kholifah, Nur and RATNAWATI, VIVI and KHUSUSIYAH, KHUSUSIYAH (2024) HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK PGRI 4 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
This is the latest version of this item.
Text (Full text)
RAMA_86201_2014010045.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86201_2014010045_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (333kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86201_2014010045_0728038306_0717115901_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (347kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86201_2014010045_0728038306_0717115901_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86201_2014010045_0728038306_0717115901_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86201_2014010045_0728038306_0717115901_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86201_2014010045_0728038306_0717115901_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86201_2014010045_0728038306_0717115901_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86201_2014010045_0728038306_0717115901_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan latar belakang pengamatan dan pengalaman peneliti bahwa masih rendahnya motivasi belajar siswa. Hal ini ditandai dengan menurunnya presentase siswa berprestasi di SMK PGRI 4 Kediri pada tahun 2023/2024. Rendahnya motivasi belajar tersebut disebabkan oleh faktor internal yaitu kurangnya perhatian orang tua dan rasa percaya diri tersebut disebabkan oleh faktor internal yaitu kurangnya kesadaran siswa, kesulitan belajar tentang beberapa mata pelajaran tertentu dan juga faktor eksternal yaitu kurangnya dukungan dari orang tua dan lingkungan. Dalam upaya mengatasi masalah tersebut masih sebatas dengan layanan bimbingan klasikal. Akibatnya siswa nampak pasif, monoton dan dinilai belum efektif karena tidak ada dinamika kelompok dalam kelas. Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan berupa (1) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa SMK PGRI 4 Kediri, (2) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan rasa percaya diri siswa, dan (3) untuk mengetahui apakah terdapat hubungan perhatian orang tua dan rasa percaya diri siswa terhadap motivasi belajar siswa SMK PGRI 4. Teknik pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berupa seluruh siswa SMK PGRI 4 Kediri yang berjumlah 70 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik pengambilan purposive sampling, sehingga diperolehlah sampel 17 siswa dan teknik analisis data menggunakan teknik statistik. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa hasil pengujian hipotesis uji t-statistik nilai sig 0,005 < 0,05 dan nilai thitung 2,981 > ttabel 2,145 sehingga Ha diterima berarti hipotesis pada variabel perhatian orang tua berpengaruh positif dan dikatakan signifikan terhadap motivasi belajar siswa diterima. Sedangkan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai 6,859 thitung > ttabel 2,145 sehingga Ha diterima berarti hipotesis pada variabel rasa percaya diri berpengaruh positif dan dikatakan signifikan terhadap motivasi belajar siswa diterima. Hasil pengujian secara simultan (uji-F) pengaruh perhatian orang tua dan rasa percaya diri terhadap motivasi belajar siswa diperoleh hasil Fhitung sebesar 0,217 > 0,210 Ftabel. Dengan sig 0,003 < 0,005 sehingga Ha diterima dan ada pengaruh secara simultan perhatian orang tua dan rasa percaya diri terhadap motivasi belajar siswa yang signifikan. Koefisien determinan nilai koefisien R Square sebesar 0,32 atau 32% dengan demikian variabel pengaruh perhatian orang tua dan rasa percaya diri terhadap motivasi belajar sebesar 0,32 atau 32%, dan sisanya 64% dijelaskan divariabel lain yang tidak dikaji pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perhatian Orang tua , Rasa Percaya Diri Siswa, Motivasi Belajar |
Subjects: | 710 Education science > 803 Guidance and counseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Nur Kholifah |
Last Modified: | 21 Aug 2024 23:14 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16862 |
Available Versions of this Item
-
HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK PGRI 4 KEDIRI. (deposited UNSPECIFIED)
- HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DAN RASA PERCAYA DIRI SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK PGRI 4 KEDIRI. (deposited UNSPECIFIED) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |