Yuanisyak, Angga (2024) EFEKTIVITAS E-LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PARE. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_84205_2015020018.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_84205_2015020018_SIMILARITY.pdf.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (301kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84205_2015020018_0711086102_0791082001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_84205_2015020018_0711086102_0791082001_02.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (233kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_84205_2015020018_0711086102_0791082001_03.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (229kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_84205_2015020018_0711086102_0791082001_04.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (358kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_84205_2015020018_0711086102_0791082001_05.pdf.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (168kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_84205_2015020018_0711086102_0791082001_06_ref.pdf.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (180kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_84205_2015020018_0711086102_0791082001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Proses pembelajaran di dalam kelas menjadi hal penting untuk menumbuhkan motivasi belajar dan memperbaiki hasil belajar peserta didik. Motivasi belajar dapat diukur berdasarkan keaktifan dan keikutsertaan peserta didik pada kegiatan pembelajaran. Hasil belajar peserta didik dapat diukur melalui test tertentu. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Pare bersama dengan guru pamong dan sepuluh peserta didik kelas X, mengungkap bahwa motivasi dan hasil belajar masih berada pada kategori rendah. Hal ini diperkuat dengan hasil analisis angket motivasi dengan presentase 50,33% yang berarti berada pada kategori rendah. Analisis hasil belajar berdasarkan nilai tengah semester adalah 70,75% yang berarti berada pada kategori sedang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap efektivitas E-LKPD berbasis model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pare. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model dari Kemmis and MC.Taggart (1988) dengan minimal pelaksanaan intervensi tindakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan antara lain, perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), pengobservasian (observing), dan perefleksian (reflecting). Satu siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret – Mei tahun 2024. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah 1 Pare yang terdiri dari 19 anak tahun ajaran 2023/2024. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, angket, soal pre test dan post test. Teknik analisis data menggunakan perbandingan dan analisis N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik dari siklus I dengan nilai 68,33% menjadi 75% pada siklus II. Hasil analisis N-Gain siklus I menunjukkan rata rata nilai sebesar 70,73%. Terdapat 2 peserta didik berada pada kategori rendah, 14 peserta didik berada pada kategori sedang, 3 peserta didik berada pada kategori tinggi. Hasil analisi N-Gain pada siklus II menunjukkan rata rata nilai sebesar 71,32%. Terdapat 1 peserta didik berada pada kategori rendah, 14 peserta didik berada pada kategori sedang, dan 4 peserta didik berada pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-LKPD, Model Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, PTK. |
Subjects: | 710 Education science > 733 Population and environmental education 710 Education science > 771 Biology education 710 Education science > 775 Natural sciences education (science) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Angga Yuanisyak |
Last Modified: | 21 Aug 2024 16:06 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16789 |
Actions (login required)
View Item |