MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA BULBINCA PADA ANAK-ANAK KELOMPOK A TK DARUT TAQWA KOTA KEDIRI

Laili, Novita Happy (2024) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ABJAD MELALUI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA BULBINCA PADA ANAK-ANAK KELOMPOK A TK DARUT TAQWA KOTA KEDIRI. Undergraduate thesis, Univesitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86207_2014070020.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86207_2014070020_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (268kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86207_2014070020_0705068602_0708027803_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (748kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86207_2014070020_0705068602_0708027803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86207_2014070020_0705068602_0708027803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86207_2014070020_0705068602_0708027803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86207_2014070020_0705068602_0708027803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86207_2014070020_0705068602_0708027803_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (50kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86207_2014070020_0705068602_0708027803_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi kurang berkembangnya kemampuan mengenal huruf abjad pada anak-anak kelompok A di TK Darut Taqwa Kota Kediri yang disebabkan oleh kurangnya alat atau media belajar mengenal huruf abjad yang mampu menarik perhatian anak. Permasalahan yang hendak dipecahkan dalam penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran menggunakan Media Bulbinca dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak-anak kelompok A TK Darut Taqwa Kota Kediri tahun pelajaran 2023/2024?”. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 17 anak, terdiri dari 9 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) milik Kemmis & Taggard. Karakteristik penelitian tindakan kelas ini ialah dilakukan secara bersiklus. Dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Modul Ajar, lembar penilaian unjuk kerja anak dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Media Bulbinca terbukti dapat mengembangkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak-anak kelompok A TK Darut Taqwa Kota Kediri tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar dari pra-tindakan sampai siklus II, yaitu pra-tindakan sebesar 35% , siklus I sebesar 59% dan siklus II sebesar 76%. Karena keberhasilan/ketuntasan belajar klasikal dalam pembelajaran kemampuan mengenal huruf abjad menggunakan Media Bulbinca Siklus II ini telah melebihi 75%, maka penelitian tidak perlu dilanjutkan lagi ke Siklus III. Kegiatan bermain seraya belajar menggunakan Media Bulbinca telah terbukti mampu mengembangkan kemampuan mengenal huruf abjad pada anak, kepala sekolah dan guru dapat memanfaatkan media ini untuk pembelajaran di lembaganya. Guru juga harus terus berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran termasuk membuat media-media pembelajaran baru yang menarik dan menyenangkan agar pembelajaran dapat berlangsung efektif. Disarankan juga kepada peneliti lain agar mengembangkan lagi penelitian ini dengan memodifikasi Media Bulbinca untuk mengembangkan aspek lain dalam diri anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 710 Education science > 794 PGTK and PAUD
710 Education science > 796 Education measurement and evaluation
710 Education science > 801 Early childhood education programs
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Novita Happy Nur Laili
Last Modified: 20 Aug 2024 06:57
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16690

Actions (login required)

View Item View Item