Wulandari, Virda Putri Novita (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS CANVA DAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI PELUANG. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_84202_2015010038.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_84202_2015010038_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (164kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_84202_2015010038_0717127601_0710016401_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (938kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_84202_2015010038_0717127601_0710016401_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (519kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_84202_2015010038_0717127601_0710016401_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (444kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_84202_2015010038_0717127601_0710016401_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (833kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_84202_2015010038_0717127601_0710016401_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_84202_2015010038_0717127601_0710016401_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (216kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_84202_2015010038_0717127601_0710016401_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah usaha untuk menggali potensi yang ada pada setiap individu untuk kemudian dikembangkan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Dengan kualitas pendidikan yang baik dapat tercapai apabila keseriusan dalam mengelolanya diperhatikan dengan baik. Pendidikan yang berkualitas tersebut akan melahirkan bangsa yang cerdas dan bermartabat. Salah satu pendidikan yang dapat mengembangkan kemampuan dan kreatifitas adalam matematika. Matematika merupakan mata pelajaran yang wajib diberikan pada setiap jenjang pendidikan. Dengan adanya matematika sebagai mata pelajaran disekolah maka peserta didik dapat mempunyai sikap dan kebiasaan untuk berpikir secara logis, sitematik, tekun dan kritis dalam bertanggung jawab. Dalam menunjang pembelajaran matematika ini pendidik diharapkan dapat mengoptimalkan bahan ajar yang akan digunakan dalam pembelajaran. Dengan keterbatasan pendidik dalam menguasai bahan ajar yang digunakan tidak hanya dalam bentuk buku cetak dan LKS, tetapi pendidik juga diharapkan dapat mengembangkan media yang akan digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik yang berkualitas. Dengan hal tersebut upaya yang dilakukan peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran matematika agar matematika menjadi lebih menyenangkan dan peserta didik dapat lebih memahami materi yang dijelaskan oleh pendidik. Berdasarkan hal tersebut peneliti berupaya untuk mengembangkan e-modul interaktif Berbasis Canva dan Flip PDF Professional pada materi Peluang untuk kelas X SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap: analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk e-modul yang dikembangkan termasuk dalam kategori "sangat valid" dan "sangat praktis." Validasi dilakukan oleh empat validator, dengan hasil persentase kevalidan: ahli materi (83%), ahli media dosen 1 (95%), ahli media dosen 2 (95%), dan ahli praktisi (90%), menghasilkan rata-rata kevalidan 90,75%. Implementasi uji coba terbatas pada 10 siswa menunjukkan tingkat kepraktisan sebesar 87,05%. Evaluasi dilakukan berdasarkan saran validator, menghasilkan perbaikan pada aspek media dan materi. Dengan demikian, e-modul interaktif yang dikembangkan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika, memfasilitasi siswa untuk belajar mandiri dan meningkatkan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Modul Interaktif, Canva, Flip PDF Professional, Peluang |
Subjects: | 710 Education science > 772 Mathematics education 710 Education science > 790 Education science |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan dan Sains > S1-Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Virda Putri Novita Wulandari |
Last Modified: | 17 Aug 2024 09:21 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16270 |
Actions (login required)
View Item |