Triosaputra, Johan Rizky (2024) IMPLEMENTASI MAKNA KALIMAT DATABASE SINONIM KATA PADA PENILAIAN OTOMATIS CERDAS CERMAT DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_55201_2013020174.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_55201_2013020174_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_55201_2013020174_0706118101_0707079001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_55201_2013020174_0706118101_0707079001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (89kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_55201_2013020174_0706118101_0707079001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (485kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_55201_2013020174_0706118101_0707079001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (306kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_55201_2013020174_0706118101_0707079001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (34kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_55201_2013020174_0706118101_0707079001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (156kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_55201_2013020174_0706118101_0707079001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Teknologi informasi memiliki peran penting dalam mendukung pendidikan, salah satunya melalui Pemrosesan Bahasa Alami (NLP). Teknologi Speech To Text yang merupakan bagian dari NLP dapat membantu siswa mengakses dan memahami materi pelajaran. Dalam pendidikan dasar, kompetisi cerdas cermat adalah metode efektif untuk menguji pengetahuan siswa. Namun dalam penilaian yang dilakukan manual oleh guru, guru dapat mengalami kesulitan ketika menentukan siswa yang mengangkat tangan terlebih dahulu. Oleh karena itu sistem ini akan menggunnakan sebuah tombol bel, jika bel tersebut sudah ada siswa yang memencet bel dahulu siswa akan segera menjawab menggunakan suara yang nantinya akan diubah menjadi teks dengan library speech to text dan saat soal tersebut dijawab oleh salah satu siswa maka siswa lain tidak bisa memencet bel tersebut. Pengembangan sistem ini memakai metode Cosine Similarity guna menghitung kemiripan makna antara jawaban siswa serta kunci jawaban, dengan memanfaatkan database sinonim kata untuk meningkatkan akurasi penilaian. Pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem ini berhasil melakukan koreksi pelafalan. Sistem dapat menghitung nilai kemiripan jawaban siswa dengan kunci jawaban menggunakan sinonim yang ada di database. Implementasi metode Cosine Similarity dengan database sinonim kata menunjukkan akurasi maksimal 72% dalam penilaian jawaban. Penggunaan threshold 50% memberikan keseimbangan terbaik antara jumlah jawaban yang dianggap benar dan salah, dengan persentase jawaban benar sebesar 72% dan salah 28%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cerdas Cermat, Penilaian Otomatis, Cosine Similarity, Sinonim |
Subjects: | 410 Engineering science > 457 Computer engineering 410 Engineering science > 459 Computer science 410 Engineering science > 461 Information systems |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > S1-Teknik Informatika |
Depositing User: | Johan Rizky Triosaputra |
Last Modified: | 16 Aug 2024 16:18 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16250 |
Actions (login required)
View Item |