Briliani, Hanin Sari Puspita (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA KINTARA (KINCIR PINTAR MEMBACA) DI TK DHARMA WANITA MULYOSARI PAGERWOJO TULUNGAGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86207_2014070007.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86207_2014070007_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (637kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86207_2014070007_0724038803_0707079101_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (549kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86207_2014070007_0724038803_0707079101_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (160kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86207_2014070007_0724038803_0707079101_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86207_2014070007_0724038803_0707079101_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86207_2014070007_0724038803_0707079101_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (36kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86207_2014070007_0724038803_0707079101_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (153kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86207_2014070007_0724038803_0707079101_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (682kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi hasil pengamatan pengalaman penelitian, bahwa kemampuan membaca permulaan di TK Dharma Wanita Mulyosari Pagerwojo Tulungagung masih sangat kurang hal ini terlihat saat pembelajaran yang berlangsung menemukan beberapa permasalahan lain terkait dengan perkembangan bahasa anak dalam kemampuan membaca dan menulis permulaan Permasalahan peneliti ini adalah apakah media Kintara (kincir Pintar Membaca) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Mulyosari Pagerwojo Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Langkah-langkah penelitiannya meliputi perncanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Jumlah subjek penelitian yaitu 16 anak yang ada di TK Dharma Wanita Mulyosari Pagerwojo Tulungagung Hasil penelitian tentang kemampuan membaca permulaan anak yang di indikasikan dari persentase masing-masing aspek kemampuan membaca pada pra tindakan dan setelah tindakan, dimana masing-masing siklus menunjukan peningkatan yang cukup berarti. Penelitian yang saya lakukan pada media Kintara (Kincir Pintar Membaca) pada kemampuan membaca permulaan yang meningkat pada setiap kemampuan membaca menyebutkan lambang bunyi yang sama sebelum tindakan yang di peroleh persentase 18,75%,meningkat pada siklus I sebesar 18.75%,siklus II meningkat 12,5%,dan meningkat lagi pada siklus III 12,5%. Kemampuan membaca kata sebelum tindakan yang di peroleh persentase %,meningkat pada siklus I sebesar 43,75%,siklus II meningkat 43,75%,dan meningkat lagi pada siklus III 12,5%. Kemampuan kelancara mengungkapkan kata sebelum tindakan yang di peroleh persentase 31,25%,meningkat pada siklus I sebesar 37,5%, siklus II meningkat 43,75%,dan meningkat lagi pada siklus III 75%. Peneliti ini telah membuktikan bahwa melalui media Kintara (Kincir Pintar Membaca) dapat meningkatkan kemampuan kemampuan membaca permulan anak di Tk Dharma Wanita Mulyosari Pagerwojo Tulungagung Kesimpulkan berdasarkan hasil dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di lakukan di TK Dharma Wanita Mulyosari Pagerwojo Tulungagung untuk meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun melalui media Kintara (Kincir Pintar Membaca) dengan 3 indikator, yaitu (1) menyebutkan lambang bunyi, (2) membaca kata, (3) kelancaran mengucapkan kata. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa media Kintara dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan di TK Dharma Wanita Mulyosari Pagerwojo Tulungagung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan membaca permulaan, Media Kintara, Anak usia 5-6 tahun |
Subjects: | 710 Education science > 794 PGTK and PAUD 710 Education science > 801 Early childhood education programs |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Hanin Sari Puspita Briliani |
Last Modified: | 16 Aug 2024 15:48 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/16238 |
Actions (login required)
View Item |