PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI PANCA INDERA KELAS IV SDN I TAWING

Ayundasari, Vika (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI PANCA INDERA KELAS IV SDN I TAWING. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060216.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (7MB)
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060216_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (376kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060216_0713118901_0722039001_01_front_ref (2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060216_0713118901_0722039001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (461kB)
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060216_0713118901_0722039001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (557kB)
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060216_0713118901_0722039001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060216_0713118901_0722039001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (197kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060216_0713118901_0722039001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (486kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060216_0713118901_0722039001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Vika Ayundasari Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Materi Panca Indera Kelas IV SDN I Tawing, Skripsi, PGSD, FKIP UN PGRI Kediri, 2024. Kata kunci : Media pembelajaran game edukasi, media berbasis android, panca indera. Penelitian ini dilator belakangi dari hasil observasi dan wawancara bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi panca indera dikarenakan kegiatan pembelajaran masih monoton, belum optimalnya pemanfaatan media pembelajaran yang mrenggunakan teknologi. Guru masih terpacu pada media cetak seperti buku saat proses pembelajaran. Untuk memberikan solusi tersebut peneliti mengembangakan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android yang dapat diakses oleh guru dan siswa kapan saja. Permasalahan dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana validitas pengembangan media game edukasi berbasis android pada materi panca indera kelas IV di SDN I Tawing ? (2) Bagaimana kepraktisan pengembangan media game edukasi berbasis android pada materi panca indera kelas IV di SDN I Tawing ? (3) Bagaimana keefektifan pengembangan media game edukasi berbasis android pada materi panca indera kelas IV di SDN I Tawing ? Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangannya ADDIE. Adapun tahapannya yaitu 1) Analisys, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Teknik analisis data diperoleh dari hasil uji kevalidan ahli, uji kepraktisan guru dan siswa, serta uji keefektifan diperoleh dari hasil post test siswa. Hasil kevalidan dari ahli materi memperoleh skor 86% dan hasil kevalidan media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android dari ahli media memperoleh 92,3% dengan kategori sangat valid/layak digunakan. Untuk uji kepraktisan guru memperoleh skor 96% dan siswa 98,5% dengan kategori sangat praktis, serta uji keefektifan pada uji luas memperoleh skor 95% dengan kategori sangat efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android layak digukanan. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Tujuan Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Materi Panca Indera Kelas IV SDN I Tawing adalah untuk dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai salah satu alternatif media untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam materi panca indera. (2) Guru masih perlu menguasai teknologi terlebih dahulu sebelum menggunakan media pembelajaran game edukasi berbasis android.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Vika Ayundasari
Last Modified: 16 Aug 2024 01:04
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15884

Actions (login required)

View Item View Item