PENGEMBANGAN E-HAND OUT BERBASIS MICROSOFT SWAY DIDUKUNG GAME EDUKASI WORD WALL MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA SISWA KELAS 3 DI SDN 3 BALONGGEBANG

Ikasari, Giesby Nur (2024) PENGEMBANGAN E-HAND OUT BERBASIS MICROSOFT SWAY DIDUKUNG GAME EDUKASI WORD WALL MATERI SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA SISWA KELAS 3 DI SDN 3 BALONGGEBANG. Undergraduate thesis, Universtas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_19101100066.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_19101100066_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (295kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_19101100066_0713118901_0719048206_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (871kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_19101100066_0713118901_0719048206_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_19101100066_0713118901_0719048206_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (476kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_19101100066_0713118901_0719048206_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (873kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_19101100066_0713118901_0719048206_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_19101100066_0713118901_0719048206_06_References.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (154kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_19101100066_0713118901_0719048206_07_Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hasil penelitian di kelas 3 Sekolah Dasar secara umum dituntut untuk lebih kreatif dalam merancang maupun melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik belajar siswa sekolah dasar untuk meningkatkan hasil belajar sekaligus menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini untuk : 1) Bagaimana kevalidan E-Hand Out berbasis Microsoft sway didukung game edukasi word wall materi sifat dan perubahan wujud benda siswa kelas 3 di SDN 3 Balonggebang. 2) Bagaimana kepraktisan E-hand Out berbasis Microsoft sway didukung game edukasi word wall materi sifat dan perubahan wujud benda siswa kelas 3 di SDN 3 Balonggebang. 3) Bagaimana keefektifan E-Hand Out berbasis Microsoft sway didukung game edukasi word wall materi sifat dan perubahan wujud benda siswa kelas 3 di SDN 3 Balonggebang. Tujuan dari rumusan tersebut yaitu untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, kefektifan E-Hand Out berbasis Microsoft sway didukung game edukasi word wall materi sifat dan perubahan wujud benda kelas 3 di SDN 3 Balonggebang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang dipakai adalah borg and gall dengan 10 tahapan : Potensi dan masalah, Pengumpulan data, Desain produk, Validasi desain, Revisi desain, Uji coba produk, Revisi produk, Uji coba pemakaian, Revisi produk, Produksi masal. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 3 Balonggebang yang berjumlah 23 siswa dengan subjek uji coba terbatas 7 siswa dan subjek uji coba luas 16 siswa. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi media dan materi, angket respon guru dan siswa, dan test berupa soal evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian E-Hand Out Berbasis Microsoft Sway didukung Game Edukasi Word Wall Materi Sifat dan Perubahan Wujud Benda Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar dinyatakan valid setelah dilakukan validasi dengan mendapatkan presentase 88% dari ahli media dan ahli materi 96%. Dinyatakan praktis memperoleh presentase 90% dari respon guru dan siswa memperoleh 97,39%. Dinyatakan sangat efektif pada uji coba luas dengan hasil nilai siswa mendapatkan 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Microsoft Sway, Word Wall, Sifat dan Perubahan Wujud Benda
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 775 Natural sciences education (science)
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Giesby Nur Ikasari
Last Modified: 16 Aug 2024 00:04
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15868

Actions (login required)

View Item View Item