Pengembangan Powerpoint Interaktif Berbasis Microsoft Sway pada Pembelajaran Ipa Materi Sistem Tata Surya Di Kelas V SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Nganjuk

Barabas, Zulfikri (2024) Pengembangan Powerpoint Interaktif Berbasis Microsoft Sway pada Pembelajaran Ipa Materi Sistem Tata Surya Di Kelas V SDIT Al-Istiqomah Kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060105.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060105_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (242kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060105_0705069001_0702018801_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (371kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060105_0705069001_0702018801_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060105_0705069001_0702018801_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060105_0705069001_0702018801_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060105_0705069001_0702018801_05.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (153kB)
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060105_0705069001_0702018801_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (121kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060105_0705069001_0702018801_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan kegiatan pembelaja-ran IPA materi system tata surya di kelas V SDIT Al-Istiqomah bahwa pada pros-es pembelajaran tidak ada media yang digunakan oleh guru. Dalam menjelaskan materi guru hanya menggunakan buku ajar, sehingga siswa hanya menggunakan satu bahan ajar saja. Akibatnya siswa kurang mampu untuk menguraikan materi system tata surya. Rumusan masalah Guru dalam menyampaikan materi pembelajaran han-ya menggunakan buku ajar sekolah yang didasari dengan gambar kurang menarik. sehingga proses pembelajaran terkesan biasa saja. Siswa tidak begitu paham terhadap materi yang disampaikan oleh karena itu beberapa suswa tidak tuntas KKTP karena kurangnya minat siswa dalam belajar. Kurangnya pemanfaatan fasilitas sarana yang sudaah ada untuk pembelajaran di kelas Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui keval-idan, kepraktisan, keefektifan PPT interaktif berbasis Microsoft sway materi sys-tem tata surya untuk siswa kelas V SDIT Al-Istiqomah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) atau yang disebut dengan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE meliputi (Analysis, Design, Development, Im-plementation, Evaluation) dengan evaluasi setiap tahapannya. Hasil penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh penggunaan media pembelajaran PPT interaktif terhadap pencapaian hasil belajar siswa dalam memahami materi sis-tem tata surya. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran PPT interaktif telah memenuhi tiga kriteria yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasilnya adalah sebagai berikut (1) Dari hasil uji coba validasi ahli media memperoleh hasil 95% yang dinyatakan “sangat valid” sedangkan hasil validasi dari ahli ma-teri memperoleh hasil 84% yang dinyatakan “valid”. Hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran valid dan bisa digunakan untuk membantu proses pembela-jaran. (2) Media Pembelajaran diuji kepraktisannya melalui angket guru dan siswa. hasil respon guru memperoleh 100%. dan siswa yang memperoleh 98,4% dengan kategorikan sangat praktis digunakan (3) Media Pembelajaran diuji kefektifannya memperoleh hasil ketuntasan belajar siswa pada uji coba terbatas memperoleh nilai 96,25% Sedangkan saat uji coba luas memperoleh nilai 97,35% dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 100% dan telah mencapai KKTP yang telah ditentukan yaitu 75, sehingga masuk dalam kriteria sangat efektif. untuk digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media ppt interaktif dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena dinyatakan sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif mendukung proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 660 Art, design and media > 700 Media science
710 Education science > 777 Other mipa education not yet listed
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Zulfikri Barabas
Last Modified: 15 Aug 2024 15:25
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15788

Actions (login required)

View Item View Item