PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBANTUAN QR CODE MATERI ORGAN GERAK HEWAN KELAS V SEKOLAH DASAR

Izzati, Salsabila Yumni (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI BERBANTUAN QR CODE MATERI ORGAN GERAK HEWAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060138.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060138_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (22kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060138_0722039001_0704078402_01_front_ref..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060138_0722039001_0704078402_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060138_0722039001_0704078402_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060138_0722039001_0704078402_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060138_0722039001_0704078402_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060138_0722039001_0704078402_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (238kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060138_0722039001_0704078402_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salsabila Yumni Izzati: Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Berbantuan Qr Code Materi Organ Gerak Hewan Kelas V Sekolah Dasar. Kata Kunci : media, Qr Code, monopoli, organ gerak hewan Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPA di SD masih didasari oleh minimnya penggunaan media pembelajaran. Dalam proses pembelajaran kegiatan belajar mengajar masih didominasi dengan guru, dan guru hanya menggunakan media buku guru dan siswa saja. Akibatnya suasana kelas menjadi membosankan, pasif, dan monoton. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran Monopoli Berbantuan Qr Code Materi Organ Gerak Hewan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. 2. Untuk mengetahui kepraktisan kepraktisan media pembelajaran Monopoli Berbantuan Qr Code Materi Organ Gerak Hewan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. 3. Untuk mengetahui keefektifan kepraktisan media pembelajaran Monopoli Berbantuan Qr Code Materi Organ Gerak Hewan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu kelas V SDN Bulusari 3 Kabupaten Kediri. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik analisis data berupa instrumen angket validasi media dan materi, soal pretest dan postest, angket respon guru dan siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Monopoli Berbantuan Qr Code Materi Organ Gerak Hewan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dinyatakan valid, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil validasi ahli media memperoleh skor 84,2% dan pada ahli materi mendapatkan 86,6%. Jadi rata-rata persentase skor yang diperoleh dari ahli media dan materi adalah 85,4% dengan kriteria sangat valid. 2). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Monopoli Berbantuan Qr Code Materi Organ Gerak Hewan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dinyatakan praktis, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil angket respon guru mendapatkan skor 91,4% dan angket respon siswa mendapatkan skor 98%. Jadi rata-rata persentase skor yang diperoleh dari angket respon guru dan angket respon siswa adalah 94,7% dengan kriteria sangat praktis. 3). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Monopoli Berbantuan Qr Code Materi Organ Gerak Hewan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dinyatakan efektif, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil nilai posttest memperoleh skor rata-rata 88,8% dengan memperoleh ketuntasan belajar klasikal 95% termasuk dalam kriteria sangat efektif. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini dapat dinyatakan media pembelajaran Monopoli Berbantuan Qr Code Materi Organ Gerak Hewan untuk siswa kelas V Sekolah Dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Education, Sains, Qr Code
Subjects: 710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Salsabila Yumni Izzati
Last Modified: 15 Aug 2024 15:17
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15762

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item