PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PBL UNTUK MENDESKRIPSIKAN MATERI SIKAP DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN PPKN UNTUK SISWA KELAS 4 SDN TIRON 3

Violien, Maya Seftiana (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS PBL UNTUK MENDESKRIPSIKAN MATERI SIKAP DISIPLIN DALAM PEMBELAJARAN PPKN UNTUK SISWA KELAS 4 SDN TIRON 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060086.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text (similarity)
RAMA_86206_2014060086_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (275kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060086_0719048206_0730098803_01_front-ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (379kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060086_0719048206_0730098803_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060086_0719048206_0730098803_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060086_0719048206_0730098803_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (780kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060086_0719048206_0730098803_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060086_0719048206_0730098803_06_Ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (146kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060086_0719048206_0730098803_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN Tiron 3 di Kabupaten Kediri, ditemukan bahwa siswa kelas 4 SD masih kurang menunjukkan sikap disiplin selama pembelajaran. Selama proses pembelajaran, masih ada siswa yang terlambat, berbicara dengan teman ketika guru menjelaskan, makan saat pembelajaran berlangsung, tidak memakai seragam lengkap, serta beberapa siswa tidak mengumpulkan tugas. Permasalahan tersebut disebabkan kurangnya kesadaran dari diri siswa mengenai sikap disiplin. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran dengan multimedia interaktif berbasis PBL untuk menanamkan sikap disiplin untuk siswa kelas4 SDN Tiron 3? (2) Bagiamana kepraktisan media pembelajaran dengan multimedia interaktif berbasis PBL untuk menanamkan sikap disiplin untuk siswa kelas 4 SDN Tiron 3? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran dengan multimedia interaktif berbasis PBL untuk menanamkan sikap disiplinuntuk siswa kelas 4 SDN Tiron 3? Tujuan peneliti adalah Untuk mendeskripsikan kevalidaan, kepraktisan dan keefektifan. Peneliti ini menggunkana metode Research and Development (R&D) Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pengembangan model ADDIE. Teknik analisis yang digunakan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kepraktisan yaitu menggunakan angket dan soal evaluasi, hasil penelitian ini dari hasil penelitian ini (1) Penilaian kevalidan media pembelajaran Video Animasi sangat valid, dengan ahli materi memberikan nilai 90% dan ahli media 88% dalam kategori sangat valid. , (2) Penilaian keefektifan media pembelajaran menunjukkan hasil 84,5% dalam kategori sangat efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media yang di gunakan sangan valid, praktis dan efektif. (3) Penilaian kepraktisan media pembelajaran sangat praktis, dengan guru memberikan nilai 96% dan siswa 98,75% dalam kategori sangat praktis, (3) Penilaian keefektifan media pembelajaran menunjukkan hasil 84,5% dalam kategori sangat efektif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media yang di gunakan sangan valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan multimedia, interaktif, PBL, sikap disiplin, pembelajaran PPKN
Subjects: 710 Education science > 721 Pancasila and civic education
710 Education science > 731 Sociology education (social sciences)
710 Education science > 793 PGSD
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Violien Maya Seftiana
Last Modified: 16 Aug 2024 04:10
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15697

Actions (login required)

View Item View Item