Widianty, Dela Ari (2024) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA MATERI GAYA MAGNET KELAS IV SDN GAYAM 3. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060241.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060241_0730098803_0719109101_02.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (109kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060241_0730098803_0719109101_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (252kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060241_0730098803_0719109101_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (212kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060241_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (94kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060241_0730098803_0719109101_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (700kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060241_0730098803_0719109101_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (35kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060241_0730098803_0719109101_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (20kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060241_0730098803_0719109101_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada kelas IV SDN Gayam 3 Kota Kediri. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa selama proses pembelajaran IPA guru masih menggunakan LKPD yang terpaku teks materi dan soal-soal. Sehingga hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang belum tercapai dengan maksimal. Berdasarkan hasil nilai pretest untuk mengetahui pemahaman awal siswa pada materi gaya magnet, masih ada siswa yang memperoleh nilai rendah. Dari 28 siswa terdapat 20 siswa memperoleh nilai dibawah KKM dan 8 siswa memperoleh nilai diatas KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari LKPD yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Langkah-langkah prosedur dari model ADDIE terdiri dari 5 langkah yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gayam 3, dengan subyek uji coba terbatas 8 siswa dan uji coba luas 20 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah (1) LKPD berbasis STEM dikatakan valid dengan memperoleh presentase dari ahli bahan ajar sebesar 84% dengan kategori valid. Presentase dari ahli materi sebesar 88% dengan kategori sangat valid. Dari kedua hasil tersebut, memperoleh rata-rata sebesar 86% dengan kategori sangat valid (2) LKPD berbasis STEM dikatakan praktis dengan memperoleh hasil dari angket respon guru sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Hasil dari angket respon siswa pada uji coba terbatas sebesar 93% dengan kategori sangat praktis dan pada uji coba luas sebesar 87% dengan kategori sangat praktis (3) LKPD berbasis STEM dikatakan efektif setelah melakukan uji coba terbatas dengan memberikan soal posttest memperoleh hasil 75% dan pada uji coba luas memperoleh hasil 85%. Selain itu, dilihat dari presentase rata-rata keterampilan praktikum pada uji coba terbatas yaitu pada aspek keikutsertaan dalam praktikum memperoleh 90% (sangat baik), pada aspek pelaksanaan prosedur praktikum memperoleh 88% (sangat baik), aspek penggunaan alat dan bahan praktikum memperoleh 90% (sangat baik), aspek hasil pengamatan memperoleh 84% (baik). Presentase rata-rata keterampilan praktikum pada uji coba luas yaitu aspek keikutsertaan dalam praktikum memperoleh 91% (sangat baik), aspek pelaksanaan prosedur praktikum 90% (sangat baik), aspek penggunaan alat dan bahan 92% (sangat baik), aspek hasil pengamatan 91% (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian yaitu bahan ajar yang telah dikembangkan dapat dikatakan layak untuk digunakan karena telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, keefektifan dan dapat membantu siswa dalam memahami materi gaya magnet.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berbasis STEM, LKPD, Materi gaya magnet |
Subjects: | 660 Art, design and media > 700 Media science 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dela Ari Widianty |
Last Modified: | 15 Aug 2024 03:19 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15562 |
Actions (login required)
View Item |