PENGEMBANGAN E-HANDOUT DIDUKUNG VIDEO ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENEGRI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Nurbetania, Agape Tisyri (2024) PENGEMBANGAN E-HANDOUT DIDUKUNG VIDEO ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENEGRI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060233.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060233-SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (103kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060233_0713118901_0710039103_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060233_0713118901_0710039103_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060233_0713118901_0710039103_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (638kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060233_0713118901_0710039103_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060233_0713118901_0710039103_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060233_0713118901_0710039103_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (391kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060233_0713118901_0710039103_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil observasi dan wawancara di SD Negeri Maduretno yang menunjukkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi masih rendah. Dalam proses pembelajaran, guru hanya menggunakan buku dan metode ceramah ketika menjelaskan materi sehingga siswa kurang tertarik dan kurang memahami konsep materi mengubah bentuk energi. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui validitas pengembangan E-handout didukung video artifical intelligence pada materi mengubah bentuk energi kelas IV Sekolah Dasar, (2) untuk mengetahui kepraktisan pengembangan E-handout didukung video artifical intelligence pada materi mengubah bentuk energi kelas IV Sekolah Dasar, (3) untuk mengetahui keefektifan pengembangan E-handout didukung video artifical intelligence pada materi mengubah bentuk energi kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analysis, Design, Developent, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan instrumen angket validasi ahli bahan ajar, ahli materi, dan kepraktisan guru serta siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) E-Handout didukung video artifical intelligence pada materi mengubah bentuk energi untuk kelas IV SD Negeri Maduretno valid digunakan dengan memperoleh skor rata-rata validator ahli bahan ajar dan ahli materi sebesar 92% ; (2) E-Handout didukung video artifical intelligence pada materi mengubah bentuk energi untuk kelas IV SD Negeri Maduretno praktis digunakan serta memperoleh skor kepraktisan guru sebesar 92% dan kepraktisan siswa sebesar 97% ; (3) E-Handout didukung video artifical intelligence pada materi mengubah bentuk energi untuk kelas IV SD Negeri Maduretno efektif digunakan ddengan memperoleh hasil N-Gain sebesar 0,89. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diperoleh kesimpulan bahwa E-Handout yang didukung video artifical intelligence pada materi mengubah bentuk energi valid, praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Handout, video arfitical intelligence, mengubah bentuk energi
Subjects: 710 Education science > 720 Social science education
710 Education science > 771 Biology education
710 Education science > 790 Education science
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Agape Tisyri Nurbetania
Last Modified: 14 Aug 2024 23:49
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15526

Actions (login required)

View Item View Item