Nurbetania, Agape Tisyri (2024) PENGEMBANGAN E-HANDOUT DIDUKUNG VIDEO ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA MATERI MENGUBAH BENTUK ENEGRI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full Text)
RAMA_86206_2014060233.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (9MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060233-SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (103kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060233_0713118901_0710039103_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060233_0713118901_0710039103_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (562kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060233_0713118901_0710039103_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (638kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060233_0713118901_0710039103_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060233_0713118901_0710039103_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (164kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060233_0713118901_0710039103_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (391kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060233_0713118901_0710039103_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil observasi dan wawancara di SD Negeri Maduretno yang menunjukkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS materi mengubah bentuk energi masih rendah. Dalam proses pembelajaran, guru hanya menggunakan buku dan metode ceramah ketika menjelaskan materi sehingga siswa kurang tertarik dan kurang memahami konsep materi mengubah bentuk energi. Hal ini berpengaruh pada hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui validitas pengembangan E-handout didukung video artifical intelligence pada materi mengubah bentuk energi kelas IV Sekolah Dasar, (2) untuk mengetahui kepraktisan pengembangan E-handout didukung video artifical intelligence pada materi mengubah bentuk energi kelas IV Sekolah Dasar, (3) untuk mengetahui keefektifan pengembangan E-handout didukung video artifical intelligence pada materi mengubah bentuk energi kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis metode penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahap Analysis, Design, Developent, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini menggunakan instrumen angket validasi ahli bahan ajar, ahli materi, dan kepraktisan guru serta siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) E-Handout didukung video artifical intelligence pada materi mengubah bentuk energi untuk kelas IV SD Negeri Maduretno valid digunakan dengan memperoleh skor rata-rata validator ahli bahan ajar dan ahli materi sebesar 92% ; (2) E-Handout didukung video artifical intelligence pada materi mengubah bentuk energi untuk kelas IV SD Negeri Maduretno praktis digunakan serta memperoleh skor kepraktisan guru sebesar 92% dan kepraktisan siswa sebesar 97% ; (3) E-Handout didukung video artifical intelligence pada materi mengubah bentuk energi untuk kelas IV SD Negeri Maduretno efektif digunakan ddengan memperoleh hasil N-Gain sebesar 0,89. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diperoleh kesimpulan bahwa E-Handout yang didukung video artifical intelligence pada materi mengubah bentuk energi valid, praktis, dan efektif digunakan pada pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Handout, video arfitical intelligence, mengubah bentuk energi |
Subjects: | 710 Education science > 720 Social science education 710 Education science > 771 Biology education 710 Education science > 790 Education science |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Agape Tisyri Nurbetania |
Last Modified: | 14 Aug 2024 23:49 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15526 |
Actions (login required)
View Item |