PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-PUZZLE MATERI SIMBOL PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 DI SDN KUTOREJO 2

Suci Hati, Shely (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-PUZZLE MATERI SIMBOL PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 1 DI SDN KUTOREJO 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.

[img] Text (Full text)
RAMA_86206_2014060261.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060261_SIMILARITY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (326kB)
[img] Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060261_0701128306_0705069001_01_front_ref.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (748kB)
[img] Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060261_0701128306_0705069001_02.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060261_0701128306_0705069001_03.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060261_0701128306_0705069001_04.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060261_0701128306_0705069001_05.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (References)
RAMA_86206_2014060261_0701128306_0705069001_06_ref.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (202kB)
[img] Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060261_0701128306_0705069001_07_lamp.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil belajar siswa rendah dilihat dari nilai rata-ratanya terdapat 10 siswa yang mendapat nilai yang benar-benar di atas KKTP dan yang lain nilainya masih hasil kompilasi antara nilai ulangan dan nilai harian. Selain itu, guru memerlukan alat bantu/media untuk mendukung pembelajaran di kelas. Minimnya kreativitas guru dalam mengembangkan media yang dapat menarik perhatian siswa. Oleh karena itu peneliti memiliki solusi yaitu dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran e-puzzle. Adapun penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kevalidan media pembelajaran e-puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi simbol Pancasila di kelas 1 SDN Kutorejo 2, (2) mengetahui kepraktisan media pembelajaran e-puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi simbol Pancasila di kelas 1 SDN Kutorejo 2, (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran e-puzzle untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi simbol Pancasila di kelas 1 SDN Kutorejo 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan R & D dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa instrumen angket validasi ahli media dan materi, angket respon guru, angket respon siswa. Validasi produk dilakukan melalui dua tahap yaitu tahap uji coba terbatas dan uji coba luas. Lokasi penelitian uji coba terbatas dilakukan di SDN Kutorejo 2 dengan subjek penelitian sebanyak 10 siswa kelas 1A. Sedangkan pada uji coba luas, dilakukan di SDN Kutorejo 2 dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa gabungan dari kelas 1A dan 1B. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil (1) kevalidan media e-puzzle mendapat skor 90% dan kevalidan materi simbol Pancasila memperoleh skor 88%, jadi rata-rata kevalidannya adalah 89% memenuhi kriteria sangat valid dan dapat digunakan dalam penelitian, (2) kepraktisan media e-puzzle materi simbol Pancasila memperoleh nilai dari angket respon guru yang mendapat skor 90% dan siswa mendapat skor 95,4% sehingga pada uji coba luas memperoleh rata-rata 92,7% dan memenuhi kriteria sangat praktis, (3) keefektifan media e-puzzle mengalami peningkatan nilai N-Gain 0,73 dengan kriteria tinggi sehingga memenuhi kriteria keefektifan yaitu sangat efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa e-puzzle materi simbol Pancasila ini sangat layak diimplementasikan dalam proses pembelajaran PKN di SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, simbol Pancasila, e-puzzle
Subjects: 710 Education science > 721 Pancasila and civic education
710 Education science > 793 PGSD
710 Education science > 798 Education technology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Shely Suci Hati
Last Modified: 14 Aug 2024 13:39
URI: http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15404

Actions (login required)

View Item View Item