Oktaviana, Miftah Ayu Dea (2024) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL KEDIRI PADA MATERI INDONESIAKU KAYA BUDAYA UNTUK SISWA KELAS 4 SD NEGERI TIRON 2. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060213.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (13MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060213_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (805kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060213_071028902_ 0710039103_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (456kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060213_071028902_ 0710039103_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (273kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060213_071028902_ 0710039103_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (413kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060213_071028902_ 0710039103_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (620kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060213_071028902_ 0710039103_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (38kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060213_071028902_ 0710039103_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (124kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060213_071028902_ 0710039103_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Dari hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri Tiron 2,ditemukan adanya sebuah masalah terkait dengan mata pelajaran IPAS materi Indonesiaku Kaya Budaya pada peserta didik kelas 4 di SD Negeri Tiron 2. Masalah yang terjadi adalah penurunan nilai hasil belajar siswa dibawah rata-rata KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) peserta didik kelas 4 SD Negeri Tiron 2. Dalam hal ini nampak pada materi Indonesiaku Kaya Budaya, dimana hal tersebut dapat terjadi dikarenakan pendidik di SD Negeri Tiron 2 belum memiliki banyak inovasi dalam pembuatan media pembelajaran. Berdasarkan latarbelakang tersebut, rumusan masalah yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah., 1). Bagaimana kevalidan media video animasi berbasis kearifan lokal pada hasil belajar peserta didik?, 2). Bagaimana kepraktisan media video animasi berbasis kearifan lokal pada hasil belajar peserta didik?, 3). Bagaimana keefektifan media video animasi berbasis kearifan lokal pada hasil belajar peserta didik? Pada penelitian ini termasuk pada kategori Research and Development (R&D) dengan metode pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subyek Penelitian ini adalah pada uji terbatas menggunakan siswa kelas 4 SD Negeri Tiron 1 sejumlah 10 orang siswa dan untuk uji luas subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tiron 2 sejumlah 20 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dengan dua uji validitas yaitu uji validasi media dan uji vaidasi materi. Untuk mengetahui tingkat kepraktisan media pembelajaran yang dikembangkan, peneliti memberikan kuisioner respon siswa dan respon guru pada uji kelompok terbatas maupun luas. Sedangkan untuk mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan soal evaluasi yang berjumlah 20 butir soal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, didapatkan skor presentasi sebesar 94,2% untuk validasi media dan sebesar 95,5% untuk validasi materi. Media pembelajaran video animasi berbasis kearifan lokal dinyatakan sangat praktis, hal ini dibuktikan dengan perolehan skor persentase angket respon guru sebesar 96% dan perolehan angket respon siswa sebesar 97%. Sedangkan media pembelajaran video animasi berbasis kearifan lokal dinyatakan sangat efektif, hal ini dibuktikan dengan perolehan skor persentase KBK (Ketuntasan Belajar Klasikal) sebesar 95%. Berdasarkan simpulan hasi penelitian ini, di rekomendasikan untuk, 1). Kepala sekolah agar mendorong guru untuk dapat menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi atau non-teknologi dalam kegiatan pembelajaran, 2). Media pembelajaran yang inofatif dan kreatif harus disediakan oleh guru untuk digunakan disekolah sehingga dapat memenuhi kebutuhan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran Video Animasi, IPAS |
Subjects: | 500 Linguistics > 512 Indonesian literature (and language) 710 Education science > 743 Indonesian language and literature education 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Miftah Ayu Dea Oktaviana |
Last Modified: | 20 Aug 2024 07:39 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15360 |
Actions (login required)
View Item |