Amalia, Kharisma Ismu (2024) PENGARUH METODE BERNYANYI ‘PESAIR’ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS 5 DI SDN SUKORAME 2 KEDIRI. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060293..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060293_SIMILARITY..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (176kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060293_0714118403_0006096810_01_front_ref..pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (571kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060293_0714118403_0006096810_02..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060293_0714118403_0006096810_03..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060293_0714118403_0006096810_04..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (265kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060293_0714118403_0006096810_05..pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (101kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060293_0714118403_0006096810_06_ref..pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (114kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060293_0714118403_0006096810_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan sebagian besar, bahwa guru masih menggunakan metode secara umum yang digunakan saat melakukan proses pembelajaran. Pada dasarnya penggunaan metode pembelajaran sangatlah penting terutama untuk hasil belajar siswa. Oleh karena itu guru dituntut untuk bisa menggunakan metode pembelajaran yang yang bervariasi, salah satunya yaitu metode bernyanyi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas 5 pada materi siklus air tanpa menggunakan metode bernyanyi ‘pesair’ di SDN Sukorame 2 Kediri?, 2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas 5 pada materi siklus air dengan menggunakan metode bernyanyi ‘pesair’ di SDN Sukorame 2 Kediri ?, 3) Bagaimana pengaruh hasil belajar siswa kelas 5 pada materi siklus air tanpa menggunakan metode bernyanyi ‘pesair’ dengan menggunakan metode bernyanyi ‘pesair’ di SDN Sukorame 2 Kediri ? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Selanjutnya penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V-A dan V-B dengan jumlah 56 siswa. Oleh karena itu penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang akan di pilih tanpa penempatan acak. Selanjutnya penelitian ini menggunakan instrument berupa observasi, kisikisi soal berdasarkan kurikulum merdeka dan soal pretest postest. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan mengenai pengaruh metode bernyanyi ‘pesair’ terhadap hasil belajar siswa pada materi siklus air kelas 5 di SDN Sukorame 2 Kediri yaitu hasil belajar siswa kelas 5 materi siklus air tanpa menggunakan metode bernyanyi (pesair) mendapat nilai (2-tailed) 0,00 dengan taraf signifikansi 0,05. Yang artinya ada hasil belajar siswa kelas 5 materi siklus air tanpa menggunakan metode bernyanyi, meskipun hasil nilai post-test kelas kontrol masih belum memenuhi kriteria. Untuk hasil belajar siswa kelas 5 materi siklus air dengan menggunakan metode bernyanyi ‘pesair’ mendapat nilai (2-tailed) 0,00 dengan taraf signifikansi 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh metode bernyanyi ‘pesair’ terhadap hasil belajar siswa kelas 5 pada materi siklus air di SDN Sukorame 2 Kedir
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bernyanyi (pesair), Hasil Belajar |
Subjects: | 710 Education science > 793 PGSD 710 Education science > 797 Curriculum development |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Kharisma Ismu Amalia |
Last Modified: | 14 Aug 2024 10:00 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15259 |
Actions (login required)
View Item |