Hidayah, Fanny Rif'atul (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SDN MADURETNO. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060238.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014-60238_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (140kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060238_0710039103_0722039001_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (805kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060238_0710039203_0722039001_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (562kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060238_0710039203_0722039001_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (998kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060238_0710039203_0722039001_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (951kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060238_0710039203_0722039001_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (150kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060238_0710039203_0722039001_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (173kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060238_0710039203_0722039001_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan hasil observasi serta wawancara di SDN Maduretno ditemukan bahwa hasil belajar siswa pada salah satu materi yaitu perubahan wujud benda masih rendah. Siswa kurang memahami konsep materi sehingga berpengaruh pada hasil belajar. Dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan buku serta menggunakan metode ceramah dalam menjelaskan materi. Interaksi antara guru dan siswa masih kurang karena pembelajaran hanya dilakukan searah tanpa adanya media pembelajaran. Kondisi ini menyebabkan siswa kurang aktif dan kurang termotivasi pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini yaitu (1) Mendeskripsikan validitas multimedia interaktif berbasis model pembelajaran problem based learning materi perubahan wujud benda untuk siswa kelas IV SDN Maduretno; (2) Mendeskripsiskan kepraktisan multimedia interaktif berbasis model pembelajaran problem based learning materi perubahan wujud benda untuk siswa kelas IV SDN Maduretno; (3) endeskripsiskan efektivitas multimedia interaktif berbasis model pembelajaran problem based learning materi perubahan wujud benda untuk siswa kelas IV SDN Maduretno. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analyze (analisis), design (desain), development (mengembangkan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) multimedia interaktif berbasis model pembelajaran problem based learning materi perubahan wujud benda untuk siswa kelas IV SDN Maduretno valid digunakan dengan memperoleh skor rata-rata validator ahli media dan ahli materi sebesar 89% ; (2) multimedia interaktif berbasis model pembelajaran problem based learning materi perubahan wujud benda untuk siswa kelas IV SDN Maduretno praktis dengan memperoleh skor dari angket kepraktisan guru sebesar 90%; (3) multimedia interaktif berbasis model pembelajaran problem based learning materi perubahan wujud benda untuk siswa kelas IV SDN Maduretno efektif digunakan dengan memperoleh hasil perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test, serta dikuatkan dengan hasil program SPSS uji Paired Samples T-Test yang diambil keputusan bahwa nilai signifikansi < 0,05 menunjukan adanya perbedaan yan signifikan antara pre-test dan post-test. Kesimpulan dari hasil dinyatakan bahwa multimedia interaktif berbasis model pembelajaran problem based learning materi perubahan wujud benda valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif, problem based learning, perubahan wujud benda |
Subjects: | 710 Education science > 775 Natural sciences education (science) 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Fanny Rifatul Hidayah |
Last Modified: | 14 Aug 2024 03:26 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15229 |
Actions (login required)
View Item |