Marselina, Kadek Ayu (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BOOKLET BERBASIS QR-CODE MATERI BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUBUH PADA MANUSIA (PANCA INDRA) UNTUK SISWA KELAS IV SDN DAWUHAN LOR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Text (Full text)
RAMA_86206_2014060039.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (8MB) | Request a copy |
|
Text (Similarity)
RAMA_86206_2014060039_SIMILARITY.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (230kB) |
|
Text (Cover sd BAB 1 + References)
RAMA_86206_2014060039_0721048003_0713078602_01_front_ref.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (925kB) |
|
Text (BAB 2)
RAMA_86206_2014060039_0721048003_0713078602_02.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (314kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
RAMA_86206_2014060039_0721048003_0713078602_03.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (419kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
RAMA_86206_2014060039_0721048003_0713078602_04.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (786kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
RAMA_86206_2014060039_0721048003_0713078602_05.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (219kB) | Request a copy |
|
Text (References)
RAMA_86206_2014060039_0721048003_0713078602_06_ref.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (219kB) |
|
Text (Lampiran)
RAMA_86206_2014060039_0721048003_0713078602_07_lamp.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan peneliti bahwa pada pembelajaran IPAS materi bentuk dan fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra) di SDN Dawuhan Lor masih kurangnya penggunaan media pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran khususnya pada materi bentuk dan fungsi bagian tubuh pada manusia (panca indra) sehingga menyebabkan kurangnya pemahaman dan ketertarikan siswa pada pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Booklet berbasis QR-Code materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh pada Manusia (Panca indra) Untuk Kelas IV SDN Dawuhan Lor yang valid. (2) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Booklet berbasis QR-Code materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh pada Manusia (Panca indra) Untuk Kelas IV SDN Dawuhan Lor yang praktis. (3) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Booklet berbasis QR-Code materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh pada Manusia (Panca indra) Untuk Kelas IV SDN Dawuhan Lor yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evalutation). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Dawuhan Lor yang berjumlah 21 siswa dengan subjek uji coba terbatas 6 siswa dan subjek uji coba luas 15 siswa. Instrumen pengumpulan data penelitian ini adalah observasi, angket validasi media dan materi, angket respon guru dan siswa, dan tes evaluasi. Hasil dari penelitian ini (1) Media pembelajaran Booklet berbasis QR-Code dinyatakan valid atau sangat baik untuk digunakan, hal ini diperoleh dari ahli media mendapat skor sebesar 96,7% dan ahli materi mendapat skor sebesar 91%, dan rata-rata kevalidan media dan materi menghasilkan skor kevalidan sebesar 94%. (2) Media media pembelajaran Booklet berbasis QR-Code dinyatakan praktis atau sangat baik untuk digunakan. Kepraktisan ini diperoleh dari respon guru mendapat skor sebesar 93% dan respon siswa mendapat skor sebesar 92,5%, selanjutnya dihitung rata-rata hasil respon guru dan respon siswa menghasilkan skor kepraktisan sebesar 93%. (3) Media pembelajaran Booklet berbasis QR-Code dikatakan sebagai media yang efektif atau sangat baik untuk digunakan. Keefektifan ini diperoleh dari hasil nilai tes evaluasi, pada uji terbatas mendapat skor rata-rata 88, pada uji luas mendapat skor rata-rata 96,4, kemudian dari keduanya dihitung rata-rata mendapat skor 94.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Pembelajaran, Booklet berbasis QR-Code, Materi Bentuk dan Fungsi Bagian Tubuh pada Manusia (Panca indra). |
Subjects: | 710 Education science > 775 Natural sciences education (science) 710 Education science > 790 Education science 710 Education science > 793 PGSD |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Kadek Ayu Marselina |
Last Modified: | 13 Aug 2024 10:11 |
URI: | http://repository.unpkediri.ac.id/id/eprint/15127 |
Actions (login required)
View Item |